Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lahan Transmigrasi Siap Dijadikan Lumbung Pangan Nasional

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi optimistis target Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mewujudkan swasembada pangan dalam 3 tahun ke depan bisa terealisasi lebih cepat dengan mengoptimalkan lahan transmigrasi.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi optimistis target Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mewujudkan swasembada pangan dalam 3 tahun ke depan bisa terealisasi lebih cepat dengan mengoptimalkan lahan transmigrasi.

"Lahan transmigrasi bisa jadi lumbung pangan nasional, bisa mendukung bahkan mempercepat pencapaian target swasembada pangan 3 tahun sebagaimana dicanangkan Presiden, sehingga kita tidak perlu impor pangan lagi untuk memenuhi kebutuhan pangan rakyat," kata Menteri Desa, Pembangungan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Marwan Jafar, Rabu (4/2/2015).

Marwan sangat antusias dan siap bekerja keras untuk mmpercepat terwujudnya target presiden tersebut.

Menurutnya, selama ini kawasan transmigrasi yang tersebar di luar Jawa sebenarnya telah cukup berperan penting dalam memenuhi kebutuhan pangan daerah dan nasional.

Dia mencontohkan kawasan transmigrasi di Lampung, Sumatra Selatan, Sulawesi Selatan, dan kawasan lainnya selama ini telah menjadi sentra-sentra produksi pangan.

Hasil produksinya selain untuk memenuhi kebutuhan pangan daerah setempat dan sekitarnya, juga dikirim ke berbagai daerah di pulau Jawa yang padat penduduknya.

Kekurangan lahan pertanian nasional yang diperkirakan butuh tambahan lahan baru seluas 2 juta hektare, juga dapat disediakan di kawasan transmigrasi yang masih memiliki jutaan hektare lahan yang belum dibuka atau didayagunakan secara produktif.

Dia mengemukakan berbagai jenis kebutuhan pangan dapat diproduksi pada lahan-lahan transmigrasi, mulai dari padi/beras, jagung, kedelai, peternakan, dan perikanan. Tinggal bagaimana upaya agar produksi pertanian di kawasan transmigrasi bisa makin ditingkatkan kualitas dan volumenya.

"Jika kita bisa mengoptimalkan potensi lahan yang tersedia di kawasan transmigrasi, kita dukung benih unggul, pupuk, peralatan, teknologi, pendampingan, penyuluhan. Saya optimis kawasan transmigrasi bisa menjadi lumbung pangan," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : News Editor
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper