Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Manggis Solok Selatan Diekspor ke Malaysia dan Thailand

Buah manggis asal Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), mulai diekspor ke negara tetangga, seperti Malaysia dan Thailand.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 26 Januari 2015  |  19:25 WIB
Manggis  - herbzway
Manggis - herbzway

Bisnis.com, SOLOK SELATAN - Buah manggis asal Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), mulai diekspor ke negara tetangga, seperti Malaysia dan Thailand.

Seorang pengumpul manggis di Kecamatan Sungai Pagu, Solok, Supriadi (40), Senin (26/1/2015), menyebutkan selain diekspor, manggis asal daerah yang berbatasan dengan Kabupaten Kerinci Jambi ini juga dipasarkan ke luar daerah seperti Surabaya, Jawa Timur, Bandung Jawa Barat dan Jakarta.

Manggis ekspor, ia jual seharga Rp25.000 per kilogram, sementara itu untuk pasar lokal Rp6.000 per kilogram.

Dalam sehari, Supriadi mampu mengumpulkan 1 - 2 ton manggis. "Manggis ini akan disortir terlebih dahulu untuk dipisahkan antara layak ekspor atau untuk pasar lokal," katanya.

Dalam menyortir manggis ada tiga kriteria yang harus dilalui, yakni bagian telinga, tubuh buah manggis dan yang terakhir adalah ukurannya.

Untuk manggis ukuran besar dalam 1 kilogram berisi 7 buah, sementara itu untuk ukuran kecil satu kilogramnya berisi 12 buah manggis.

Solok Selatan pada November 2014 ditetapkan oleh Kementerian Perindustrian sebagai pusat produksi manggis. Daerah yang berjarak sekitar 135 kilometer dari Kota Padang itu sekarang memiliki luas perkebunan manggis 344 hektare.

"Luas lahan perkebunan manggis di Solok Selatan kini mencapai 344 hektare dan berproduksi 144 hektare dengan 18.000 batang pohon. Sisanya masih berusia 2 tahun sebanyak 200 hektare," kata Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Solok Selatan, Akhirman.

Ia menyebutkan produksi manggis Solok Selatan pada saat ini baru 80 ton per tahun saat ini. Pihaknya menargetkan produksi buah yang dikenal dengan queen fruit ini produksi mencapai 7.000 ton pada 2025.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

solok manggis

Sumber : Antara

Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top