Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

POTENSI IKAN, KKP Dorong Ekspor Sidat

Kementerian Kelautan dan Perikanan mendorong ekspor ikan sidat mengingat permintaan terhadap komoditas ini sangat besar.
Ihda Fadila
Ihda Fadila - Bisnis.com 25 Januari 2015  |  19:00 WIB
Ikan sidat.  - sidatmasapi.blogspot.com
Ikan sidat. - sidatmasapi.blogspot.com

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Kelautan dan Perikanan mendorong ekspor ikan sidat mengingat permintaan terhadap komoditas ini sangat besar.

Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Saut P. Hutagalung mengatakan permintaan ikan sidat yang besar selama ini datang dari Jepang, Korea, dan China.

“Sekarang ini sudah dimulai ekspornya tetapi produksinya kecil. Jadi nggak fokus. Padahal sidat ini benihnya banyak dan permintannya banyak. Ada di alam,” katanya saat ditemui Bisnis.com, Jumat (21/1/2015).

Selama ini, lanjut Saut, ekspor sidat tidak menjadi utama karena penangkapan dan pembudidayaan ikan ini belum terfokus. Padahal, benih sidat banyak ditemukan di Sulawesi Tenggara.

Sementara itu, untuk pembudidayaan dan pemrosesan sidat banyak dilakukan di Banyuwangi dan Pelabuhan Ratu.

“Dibandingkan dengan patin dan lele masih lebih serius. Patin itu dihitung, sidat ini nggak pernah dihitung. Target ekspor dan produksi itu kelihatan. Sidat itu nggak muncul,” ujarnya.

Saut mengatakan ikan sidat pun memiliki harga yang cukup bagus. Ikan ini dihargai sekitar Rp18.000 – Rp20.000 per kg nya. “Ikan ini besar. Satu kg ini hanya 2 ekor. Jadi bisa difillet juga. Kita dorong ekspor sidat itu nantinya sudah dalam bentuk olahan,” katanya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perikanan budidaya ekspor perikanan
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top