Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PROYEK KA TRANS-SUMATRA: Terowongan Padang-Solok 32 Km Tuntas 5 Tahun

Pemerintah berencana membangun terowongan kereta api Padang-Solok, Sumatra Barat, sepanjang 32 kilometer sebagai bagian dari pembangunan jaringan kereta Trans Sumatra Railway yang menghubungkan lima provinsi.
Heri Faisal
Heri Faisal - Bisnis.com 25 Januari 2015  |  11:53 WIB
Kereta api - bisnis.com
Kereta api - bisnis.com

 

 

Bisnis.com, PADANG - Pemerintah berencana membangun terowongan kereta api Padang-Solok, Sumatra Barat, sepanjang 32 kilometer sebagai bagian dari pembangunan jaringan kereta Trans Sumatra Railway yang menghubungkan lima provinsi.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Sumbar Amran menyebutkan pemerintah berencana akan membangun terowongan Pauh yang menghubungkan Padang-Solok sepanjang 32 kilometer.

“Saat pertemuan dengan menteri, rencana itu juga dibahas. Targetnya dalam lima tahun selesai dibangun,” ujarnya, Jumat (23/1/2015).

Menurutnya, desain engineering detail (DED) untuk pembangunan terowongan yang melewati kawasan perbukitan Setinjau Laut itu disiapkan pemerintah pusat. Adapun, untuk studi kelaikan sudah dilakukan sejak dua tahun lalu.

Dia mengatakan terowongan tersebut dibangun untuk memangkas jarak antara Padang-Solok yang normalnya 115 km menjadi hanya 32 km. Selain itu juga mengantisipasi buruknya tofografi wilayah perbukitan dan ancaman longsor.

“Proses pembebasan lahannya sudah dimulai,” kata Amran.

Amran belum bisa memastikan berapa anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan terowongan tersebut. Namun, dia menjamin pemerintah siap mengalokasikan melalui APBN.

Dia menuturkan panjang jaringan kereta api di Sumbar 280 km yang melintasi Teluk Bayur-Sawahlunto, Padang-Pariaman, dan Padang-Payakumbuh. Namun, hampir 80% dari total jaringan kereta itu dalam kondisi rusak.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api trans-sumatra
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top