Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Ingin Seluruh Pelabuhan Penumpang di Indonesia Meniru Tj. Perak

Presiden Joko Widodo ingin menjadikan terminal Gapura Surya Nusantara di Surabaya sebagai pelabuhan penumpang percontohan untuk pembenahan di daerah-daerah lain.
Wike Dita Herlinda
Wike Dita Herlinda - Bisnis.com 10 Januari 2015  |  21:50 WIB
Gapura Nusantara.  - Bisnis.com
Gapura Nusantara. - Bisnis.com

Bisnis.com, SURABAYA – Presiden Joko Widodo ingin menjadikan terminal Gapura Surya Nusantara di Surabaya sebagai pelabuhan penumpang percontohan untuk pembenahan di daerah-daerah lain.

“Ke depan, harus ada standar-standar pelayanan yang jelas. Dan standar di [Pelabuhan] Tanjung Perak ini saya kira akan saya pakai untuk semua pelabuhan, ada garbaratanya, ruang tunggunya bagus, pelayanan di bawah untuk ticketing juga kelihatan,” katanya dalam kunjungan, Sabtu (10/1/2015).

Dia mengungkapkan standar pembangunan terminal pelabuhan pennumpang seperti di Surabaya nantinya akan diterapkan di pelabuhan Merak, Makassar, Belawan, dan berbagai kota lain yang akan segera dibangun.

“Di Makassar sedang kami kerjakan, lalu di Banjarmasin. Untuk dermaga-dermaga besar, di Merak yang paling mendesak, karena secara traffic sudah besar sekali. Di Belawan juga,” imbuhnya.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo menambahkan pemerintah provinsi juga telah menggarap pelabuhan penunmpang berstandar prima untuk kapasitas yang lebih kecil, seperti di Paciran. “Kami bangun 5.000 DWT di Paciran, sudah jalan 2 tahun.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tanjung perak
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top