Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspor Alas Kaki Tahun Ini Landai

Produsen alas kaki pesimistis ekspor pada tahun ini dapat lebih baik dibandingkan dengan pencapaian selama 2014.
Alas kaki. /Bisnis.com
Alas kaki. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen alas kaki pesimistis ekspor pada tahun ini dapat lebih baik dibandingkan dengan pencapaian selama 2014.

Pebisnis yang tergabung dalam Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) meyakini penjualan keluar negeri stagnan terhadap tahun lalu. Tidak hanya omzet (nilai penjualan) saja yang jalan mendatar tetapi juga penanaman modal baru.

Ketua Umum Aprisindo Eddy Wijanarko menyatakan pada 2013 sepatu buatan Indonesia memenuhi sekitar 3% kebutuhan global setara ekspor senilai US$3,86 miliar. Pada 2014 Aprisindo menargetkan ekspor menyentuh US$4,18 miliar.

"Pada 2015 semestinya bisnis bisa lebih bagus dibandingkan dengan 2014 yang notabene tahun politik. Tapi ekspor kami tidak mungkin ada kenaikan lagi, kami mempertahankan yang ada saja," ucapnya saat dihubungi Bisnis.com, Kamis (8/1/2015).

Sampai dengan 2019 pendapatan ekspor ditargetkan mencapai US$11,6 miliar. Sepatu buatan Indonesia sejauh ini dipasok ke pasar ekspor di Amerika Serikat, Eropa, dan tentunya Asia. Negara tujuan ekspor utama adalah Ameriak Serikat, Jerman, Inggiris, Italia, dan Belgia.

Perkembangan ekspor seluruh produk alas kaki yang dicatat Badan Pusat Statistik (BPS) selama Januari – November menunjukkan pertumbuhan 6,03% (year on year) menjadi US$3,71 miliar. Khusus pada November 2014 saja ekspor tercatat US$378,8 juta. Alas kaki menyumbang 2,77% terhadap total ekspor nonmigas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper