Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek Jembatan Tayan Ditargetkan Tuntas Pertengahan 2015

Pemerintah menargetkan konstruksi jembatan Tayan sebagai jembatan terpanjang di Kalimantan bisa tuntas pada pertengahan tahun ini.
/skycrapcity
/skycrapcity
Bisnis.Com, JAKARTA--Pemerintah menargetkan konstruksi jembatan Tayan sebagai jembatan terpanjang di Kalimantan bisa tuntas pada pertengahan tahun ini.
 
Direktur Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Djoko Murjanto menyatakan hingga saat ini progress fisik jembatan Tayan sudah mencapai 83,55% dan progress keuangan mencapai 83,11%.
 
 
"Kalau tidak ada hambatan, kita targetkan proses konstruksinya bisa selesai pertengahan tahun ini," kata Djoko di Jakarta, Selasa (6/1/2015).
 
 
Dia mengungkapkan, proses pembangunan jembatan tersebut memang molor dari jadwal yang ditargetkan sebelumnya bisa beroperasi pada akhir tahun 2014. Menurutnya, terhambatnya proses pembangunan jembatan disebabkan karena dana yang berasal dari pinjaman China sempat tertunda, sehinggaproses konstruksi juga ikut tertunda.
 
 
"Tetapi sekarang sudah tidak ada masalah dengan itu (pinjaman China), dan sekarang kita sedang percepat proses pengerjaannya," ujarnya.
 
 
Seperti diketahui, pemerintah menggelontorkan dana Rp740 miliar untuk pembangunan jembatan yang menjadi penghubung antara Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah. Dana tersebut diperoleh dari 90% pinjaman China dan 10% APBN murni.
 
 
Selain itu, untuk mempermudah masyarakat mengakses jembatan tersebut. Saat ini, pemerintah juga tengah melakukan pengerjaan jalan akses jembatan Tayan sepanjang 3,45 km dengan nilai kontrak Rp134 miliar.
 
 
"Saat ini progress jalan sudah mencapai 73,43% dan progress keuangan sebesar 73,4%," tuturnya.
 
 
Berdasarkan penjelasannya, jembatan Tayan ini dibangun dengan melintasi Sungai Kapuas dan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat provinsi Kalimantan Barat.
 
 
Pemerintah telah menunjuk PT Wijaya Karya (Persero) Tbk sebagai kontraktor untuk mengerjakan jembatan sepanjang 1.420 meter yang memiliki lebar 11,5 meter tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper