Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SELEKSI DIRJEN PAJAK: 7 Calon Sudah Hasil Seleksi Optimal

Ketujuh calon Dirjen Pajak yang lolos seleksi panitia seleksi dinilai merupakan hasil yang optimal, setelah melalui proses yang panjang yang melibatkan PPATK, KPK, dan BIN.
Direktorat Jenderal Pajak/Bisnis.com
Direktorat Jenderal Pajak/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Ketujuh calon Dirjen Pajak yang lolos seleksi panitia seleksi dinilai merupakan hasil yang optimal, setelah melalui proses yang panjang yang melibatkan PPATK, KPK, dan BIN.

Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo berharap Menteri Keuangan bisa menyaring ke-7 calon tersebut dan memilih tiga calon terbaik untuk diserahkan kepada Presiden.

“Jumlah calon Dirjen Pajak yang dihasilkan hingga tahap ini sudah menjadi hasil yang optimal setelah proses panjang,” kata Yustinus di Jakarta, Selasa (30/12/2014).

Menurutnya, Menteri Keuangan sebagai pewawancara tahap selanjutnya harus lebih terbuka dan objektif. Pilihan yang dijatuhkan harus sesuai dengan kebutuhan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan pemerintah.

Selain itu, dia melihat ada beberapa peserta yang lulus berasal dari internal DJP dan dari beberapa kantor wilayah (kanwil).

“Saya rasa akan lebih baik bagi transisi DJP jika dipimpin oleh yang sudah pernah jadi kakanwil dan direktur mengingat tugas Dirjen Pajak yang baru adalah transisi menyiapkan transformasi kelembagaan yang lebih baik,” kata Prastowo.

Dalam pengumumannya, panitia seleksi menyatakan tujuh dari 11 calon Dirjen Pajak lolos seleksi ke tahap selanjutnya, yakni wawancara oleh Menteri Keuangan.

Ke-7 calon itu adalah Catur Rini Widosari, Ken Dwijugiasteadi, Poltak Maruli John Liberty Hutagaol, Puspita Wulandari, Rida Handanu, Sigit Priadi Pramudito, dan Suryo Utomo.

Dia menambahkan Menteri Keuangan kemungkinan akan mengambil tiga nama calon yang kompeten untuk diserahkan kepada Presiden Joko Widodo.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Herdiyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper