Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BBM BERSUBSIDI: Per 1 Januari, Pemerintah Umumkan Harga Baru Tiap Bulan

Harga baru BBM bersubsidi berlaku pada 1 Januari 2015. Pemerintah akan menetapkan harga patokan BBM bersubsidi setiap bulan sesuai dengan perkembangan harga minyak dunia.
Margin diperbaiki. /Bisnis.com
Margin diperbaiki. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Harga baru BBM bersubsidi berlaku pada 1 Januari 2015. Pemerintah akan  menetapkan harga patokan BBM bersubsidi setiap bulan sesuai dengan perkembangan harga minyak dunia.

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan pengumuman sistem subsidi BBM baru paling lambat diumumkan besok, Rabu, (31/12/14) karena harga baru BBM bersubsidi mulai berlaku pada 1 Januari 2015.

Pola subsidi BBM baru mulai berlaku tahun depan. Pemerintah akan menerapkan sistem subsidi tetap (fixed subsidy) hingga harga BBM bersubsidi akan bergerak mengikuti harga keekonomian minyak dunia.

“BBM bersubsidi harganya tentu akan berubah karena subsidinya fixed yah, tergantung harga keekonomian,” kata Sudirman usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (30/12/2014).

Namun, pemerintah belum akan melepas harga BBM bersubsidi bergerak setiap hari mengikuti harga pasar. Pemerintah setiap bulan akan mengumumkan harga patokan BBM bersubsidi sebagai acuan pengusaha SPBU dan masyarakat.

“Minimal sebulan sekali kita akan sampaikan harga patokan supaya masyarakat tidak kaget dan punya pegangan dan supaya persaingan berjalan sehat,” kata Menteri ESDM.

Sudirman menambahkan pemerintah juga berencana menaikkan margin keuntungan bagi pengusaha SPBU seiring dengan penerapan pola subsidi tetap.

Langkah tersebut diambil pemerintah agar pengusaha SPBU lokal bisa meningkatkan kualitas layanan hingga bisa lebih bersaing dengan pelayanan SPBU asing.

Margin-nya diperbaiki, pelayanan lebih baik, dan itulah cara pemerintah membekali pengusaha kita untuk bersaing,” kata Sudirman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper