Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Advan Operasikan Pabrik di Semarang Kuartal I/2015

Vendor handset lokal bermerek Advan di bawah naungan PT Arga Mas Lestari akan mengoperasikan pabrik ponsel pintar dan tablet di Indonesia pada kuartal I/2015.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Vendor handset lokal bermerek Advan di bawah naungan PT Arga Mas Lestari akan mengoperasikan pabrik ponsel pintar dan tablet di Indonesia pada kuartal I/2015.

Tjandra Liantor Direktur Marketing Arga Mas Lestari menyatakan pabrik yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah tersebut akan memulai produksi tablet dan ponsel pintar pada kuartal I/2015.

"Saat ini kami tengah mempersiapkan peralatan mesin mekanika dan arsitektur pabrik seluas 3 hektare [3.000 meter persegi] dengan kapasitas produksi sekitar 50.000 unit per bulan," jelasnya yang ditemui Bisnis.com, Selasa (9/12/2014).

Menurutnya, pabrik perakitan tersebut menggunakan komponen lokal dengan komposisi 3%-4%. "Hal ini karena minimnya ketersediaan industri komponen setengah jadi di Indonesia. Padahal bila komposisi komponen lokal semakin besar dapat menekan biaya produksi, sehingga harga akan lebih kompetitif."

Dia menjelaskan hingga kuartal III/2014, perseroan telah merealisasikan penjualan tablet dan ponsel pintar sekitar 450.000 unit. "Sepanjang 2014, kami menargetkan penjualan menyentuh angka 600.000 unit."

Saat ini, perseroan memiliki 20 varian dalam portofolio model ponsel pintar serta tablet. "Kuartal I/2015, kami berencana memproduksi ponsel pintar berbasis teknologi telekomunikasi seluler generasi keempat 4G-LTE (long-term evolution)."

Menurut Tjandra, ponsel pintar berbasis 4G-LTE yang nantinya diproduksi akan bekerja sama dengan vendor desain arsitektur perangkat semacam PT Tata Sarana Mandiri (TSM). "Sehingga harga jual bisa ditekan menjadi Rp1 juta-Rp2 juta saja."

Di sisi lain, vendor lokal serupa bermerek Evercoss di bawah kelola PT Aries Indo Global telah memulai proses produksi sedari Juni lalu.

Pabrik perakitan yang juga berlokasi di Kawasan Industri Terboyo, Semarang tersebut mengusung luas 2,5 hektar dengan kapasitas produksi 500.000 unit per bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sanjey Maltya
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper