Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perimeter Selatan Bandara Soetta Dijadikan Dua Arah

Terhitung hari ini, Selasa (18/11/2014) pukul 10.00 WIB, jalur perimeter selatan yang menghubungkan wilayah Tangerang dan Bandara Soekarno-Hatta akan dioperasikan dua arah.
M. Taufikul Basari
M. Taufikul Basari - Bisnis.com 18 November 2014  |  20:02 WIB
Pengalihan akses dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta melalui Jalan Perimeter Utara dan Perimeter Selatan. - Antara
Pengalihan akses dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta melalui Jalan Perimeter Utara dan Perimeter Selatan. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Terhitung hari ini, Selasa (18/11/2014)  pukul 10.00 WIB, jalur perimeter selatan yang menghubungkan wilayah Tangerang dan Bandara Soekarno-Hatta akan dioperasikan dua arah.

Untuk pengguna kendaraan dari arah Jakarta yang terlanjur masuk ke arah bandara atau Rawa Bokor yang akan menuju Tangerang, diminta untuk memanfaatkan jalur Perimeter Selatan. Setelah Ibis Hotel/Pop Hotel/Gapura berbelok ke kiri, melalui Perimeter Selatan dan keluar di komplek Satrudal, Neglasari.

Sementara itu, pengendara dari Tangerang menuju Bandara Soekarno-Hatta tetap dapat melalui jalur Perimeter Selatan.

Senior General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Bram Bharoto Tjiptadi mengatakan kebijakan dua arah di Perimeter Selatan ini diambil setelah berkoordinasi dengan Kepolisian Bandara Soetta untuk mengurai kemacetan yang terjadi di dalam bandara khususnya di Bundaran Prasasti.

“Dari hasil evaluasi, seluruh kendaraan baik ke Tangerang ataupun Jakarta, semuanya melintas melalui bundaran prasasti kargo sehingga terjadi penumpukan dijam tertentu khususnya pagi hari dan sore hari” katanya dalam rilis yang Bisnis terima.

Langkah ini diharapkan dapat memecah konsentrasi kendaraan, karena kendaraan dari Jakarta menuju Tangerang yang sebelumnya harus melalui bundaran prasasti kargo untuk menuju Perimeter Utara, kini dapat melalui Jalur Perimeter Selatan.

Selain itu, untuk kenyamanan pengguna jalan, telah dilakukan pelebaran jalan di jalur Perimeter Selatan meliputi jalan samping danau dari 4 meter menjadi 8 meter, dan jalan di depan Karantina dari 3 meter menjadi 6 meter.

Sebanyak 82 rambu-rambu juga telah ditambahkan meliputi rambu kecepatan maksimal, rambu larangan stop, dan rambu petunjuk jalan.

Demi mengurangi potensi kecelakaan, marka jalan dibuat garis lurus tidak terputus, yang melarang para pengendara untuk menyalip kendaraan yang ada di depannya.

“Dari aspek keamanan juga telah disiapkan Pos Pantau di pertigaan komplek Satrudal dan penambahan frekuensi patroli dari pihak pengamanan bandara,” ungkap otoritas bandara PT Angkasa Pura II.

Saat ini juga masih dijajagi  Perimeter Utara akan diberlakukan dua jalur. Pelebaran jalan tengah dilakukan di beberapa titik serta penambahan kelengkapan fasilitas jalan.

“Dengan demikian, pengguna kendaraan dari arah arah Tangerang yang menuju Jakarta dapat langsung melalui perimeter Utara, keluar digerbang Gapura, belok kiri langsung ke Tol Sediyatmo.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara soekarno-hatta
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top