Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INDUSTRIALISASI PERIKANAN: Kubu Raya Pacu Pembuatan Pakan Ikan Alternatif

Dinas Kelautan dan Perikanan Kubu Raya berkomitmen pacu pembuatan pakan alternatif untuk ikan lele dan nila bagi para pembudidaya ikan.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, PONTIANAK - Dinas Kelautan dan Perikanan Kubu Raya berkomitmen pacu pembuatan pakan alternatif untuk ikan lele dan nila bagi para pembudidaya ikan.

Kadis KP Kubu Raya Djoko Triyono mengatakan pihaknya membantu para pembudidaya membuat pakan alternatif supaya tidak kesulitan mendapatkan pakan ikan.

“Semangat para pembudidaya ikan lele dan nila tengah lesu, karena sulit mendapatkan pakan. Kalau ada pakan juga harganya mahal maka kami mendampingi mereka bikin pakan alternatif,” kata Djoko kepada Bisnis, Sabtu lalu.

Djoko menyatakan para pembudidaya dibantu dari bahan baku seperti ikan busuk, dedak, pelet, dan alat pengolahan untuk membuat pakan.

Menurutnya, walau dengan bahan baku yang berbeda-beda, dia menjamin protein yang terkandung di dalamnya cukup untuk kebutuhan protein ikan.

“Setelah kita bikin pakan itu, ternyata kandungan proteinnya sama. Jadi konsumsi protein ikan lebih terjamin,” katanya.

Dia mengatakan pula, pakan alternatif dinilai lebih murah dibandingkan dengan pakan industri yang sulit diperoleh para pembudidaya.

Guna meningkatkan gairah para pebudidaya memproduksi pakan alternatif, pihaknya berkomitmen memberikan bantuan mesin pada tahun depan.

Hal itu, menurutnya, sebagai upaya agar pebudidaya lebih mandiri menciptakan peluang membuat pakan ikan tidak tergantung pakan industri yang langka di pasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper