Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ibarat Sepakbola, Akuntan Harus Kuasai Permainan di ASEAN

Akuntan adalah salah satu profesi yang diliberalkan saat pasar bebas ASEAN pada 31 Desember 2015 nanti. Artinya akuntan Indonesia bisa bekerja di negara-negara ASEAN, sebaliknya akuntan dari negara ASEAN lainnya juga dapat bekerja di Indonesia.
Peserta agar berani menentukan pilihan. /Bisnis.com
Peserta agar berani menentukan pilihan. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -  Akuntan adalah salah satu profesi yang diliberalkan saat pasar bebas ASEAN pada 31 Desember 2015 nanti. Artinya akuntan Indonesia bisa bekerja di negara-negara ASEAN, sebaliknya akuntan dari negara ASEAN lainnya juga dapat bekerja di Indonesia.

Hariqo Wibawa Satria dari Komunitas Peduli ASEAN (KAPAS @ASEANcom2015) menjelaskan bahwa ASEAN itu ibarat pertandingan sepakbola. “Tim yang tidak punya skill, tidak kompak, tidak paham aturan, malas latihan pasti kalah, itu hukum dunia”.

Hal itu disampaikannya dalam Seminar Nasional bertema Strategi Akuntan dan Entrepreneur Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015, yang diadakan Himpunan Mahasiswa Akuntansi, Politeknik, Bandung, pada Minggu sore (9/11/14). Kegiatan diadakan di Pendopo Agung dan dihadiri 212 orang mahasiswa.

“Akuntan harus mengawasi, membaca, mendiskusikan semua hasil perundingan di ASEAN yang menyangkut nasib akuntan”, jelas Hariqo yang fokus pada penerapan total diplomasi ini.

Pembicara lainnya Edi Jaenuddin (Ketua IAI) Jawa Barat meyakinkan akuntan jangan takut menghadapi kondisi apapun. “kita punya kemampuan melebihi masalah yang kita hadapi” tegasnya. Edi juga menekannya akuntan agar memiliki keahlian intelektual, teknikal dan fungsional.

Pengusaha Hamzah Izzulhaq (CEO Hanamasa Corp) memotivasi peserta agar berani menentukan pilihan. “Peluang itu ibarat kereta yang datang. Mau masuk sekarag atau menunggu kereta lain yang tidak jelas kapan datangnya. “Take it or leave it," ujarnya bersemangat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper