Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indoneisa AirAsia X Buka Rute Bali-Melbourne 5 Kali Sepekan

Indonesia AirAsia Extra, afiliasi dari AirAsia X Berhad, mengumumkan rute perdana dari hub di Bali, Indonesia, menuju Melbourne, Australia, menyusul diraihnya Air Operator Certificate pada Agustus 2014.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, MADIUN - Indonesia AirAsia Extra, afiliasi dari AirAsia X Berhad, mengumumkan rute perdana dari hub di Bali, Indonesia, menuju Melbourne, Australia, menyusul diraihnya Air Operator Certificate pada Agustus 2014.

Dalam rilis yang diterima Bisnis, Senin (27/10/2014), maskapai penerbangan berbiaya hemat pertama di Indonesia yang mengoperasikan penerbangan jarak jauh ini akan melayani rute Bali – Melbourne sebanyak lima kali dalam seminggu mulai 26 Desember 2014.

Rute perdana tersebut diumumkan pada hari ini secara serentak di Jakarta, Indonesia, dan Melbourne, Australia. Adapun pemilihan rute perdana Bali – Melbourne guna mengakomodir cukup besarnya pasar penerbangan untuk perjalanan wisata antara Indonesia dan Australia.

Sebagai gambaran, kunjungan turis asal Australia mencapai lebih dari 25% dari total wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali. Adapun jumlah kedatangan turis ke Bali terus meningkat setiap tahunnya, seperti pada 2013 yang mengalami kenaikan sebesar 13% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Dalam acara peluncuran di Jakarta, CEO Indonesia AirAsia Extra Soeratman Doerachman mengatakan, pihaknya sangat terkesan dapat menjadi maskapai penerbangan berbiaya hemat pertama di Indonesia yang mengoperasikan penerbangan jarak jauh atau long haul, dan juga antusias terhadap peluncuran rute perdana ini.

Dia mengharapakan dengan dibukanya penerbangan ini akan lebih banyak wisatawan dari Australia datang ke Indonesia sehingga dapat memberikan keuntungan ekonomi bagi Indonesia. Sebaliknya, kini masyarakat Indonesia dapat menikmati keindahan Melbourne, Ibukota dari negara bagian Victoria, dengan harga yang hemat.

“Kami juga sangat senang dapat menawarkan lebih banyak opsi bagi masyarakat di Australia untuk menjelajahi Asia dengan mudah dari Bali ke berbagai tujuan di jaringan penerbangan Grup AirAsia,” ulasnya.

Indonesia AirAsia Extra merupakan afiliasi AirAsia X yang kedua di luar Malaysia, mengikuti jejak sukses beroperasinya Thai AirAsia X Co. Ltd. Dengan demikian, Indonesia AirAsia Extra, Thai AirAsia X, dan AirAsia X akan memiliki jaringan penerbangan jarak jauh yang komprehensif.

Kehadiran Indonesia AirAsia Extra di Indonesia dan sebelumnya AirAsia X di Thailand, juga membuat Grup AirAsia kini memiliki strategi dengan level yang lebih tinggi guna fokus dan mendominasi pasar utama di Asia Utara dan Australia.

Di Indonesia dan Thailand saat ini juga sudah beroperasi maskapai AirAsia yang melayani penerbangan berbiaya hemat jarak pendek, sehingga membuat Grup AirAsia dapat meningkatkan kapasitas menjadi tiga kali lipat tanpa harus menambah pasar baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper