Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Impor Daging Wagyu: Kementan Tunggu Sertifikat Halal

Kementerian Pertanian mengatakan tengah menunggu keputusan Lembaga sertifikasi halal terkaitimportasi daging sapi premium jenis wagyu dari Jepang yang rencananya akan masuk pada 1 November 2014.

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pertanian mengatakan tengah menunggu keputusan Lembaga sertifikasi halal terkaitimportasi daging sapi premium jenis wagyu dari Jepang yang rencananya akan masuk pada 1 November 2014.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Syukur Iwantoro mengatakan Lembaga Pengawasan Pangan Obat dan Makanan Majelis Ulama Indonesia (LP POM MUI) tengah mengkaji kehalalan daging wagyu yang diperuntukkan untuk masyarakat kalangan menengah tersebut.

“Kami tengah menunggu konfirmasi LP POM MUI, kami harus memastikan dari sisi kehalalannya, kesehatannya untuk mendatangkan produk ini,” katanya kepada Bisnis, (20/10/2014).

Namun, Syukur enggan menyebutkan jumlah daging wagyu yang akan diimpor perdana bulan depan itu.

“Tanyakan ke perdagangan (Kementerian Perdagangan) soal itu ya, kami (Kementerian Pertanian) hanya berwenang untuk memastikan bahwa daging tersebut bebas dari penyakit yang menyerang sapi dan dari aspek halalnya,” katanya.

Dia mengatakan kesehatan sapi dari Jepang tidak perlu diragukan, mengingat Organisasi Dunia Kesehatan Hewan atau World Organization for Animal Health telah mendeklarasikan Jepang sebagai negara yang bebas penyakit sapi sejak tahun lalu.

“Jepang bebas dari penyakit sapi strategis, seperi sapi gila, penyakit mulut dan kuku (pmk). Terlebih kita tidak bisa memproduksi wagyu, kalau menurut UU kan kita tidak apa-apa impor. Asal negaranya aman,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper