Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Posisi Indonesia Kian Penting, Pendapatan Kelas Menengah Tumbuh 8 Persen

Indonesia punya peranan semakin penting dan diperhitungkan secara global dan sudah saatnya menghentikan politisasi secara berlebihan.
Bandara Soekarno-Hatta
Bandara Soekarno-Hatta

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia punya peranan semakin penting dan diperhitungkan secara global dan sudah saatnya menghentikan politisasi secara berlebihan.

Guru Besar Fakultas Ekonomi UI Firmanzah menjelaskan sejak 2010 investment grade Indonesia membaik dan program stimulus pemerintah terbukti efektif.

"Tanpa kita sadari posisi Indonesia berbeda dan menjadi pemain penting dunia. Pendapatan kelas menengah ke atas tumbuh 8 persen, dan menengah bawah sekitar 3 persen," ungkapnya, Jumat (17/10).

Dia mengungkapkan itu saat peluncuran buku Kementerian Komunikasi dan Informatika berjudul Growing! Meretas Jalan Kejayaan.

Dia menjelaskan kondisi itu terlihat dengan antrean pelabuhan semakin panjang, Bandara Soekarno-Hatta sudah tidak muat, jalan tol kian macet, dan pasokan listrik tidak lagi memadai.

Dia tidak sependapat dengan pendapat kelompok miskin makin miskin dan kaya semakin kaya. "Ibarat maraton yang di tengah jalan lebih cepat dan yang di belakang lebih lambat." tegasnya.

 

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Freddy H Tulung menegaskan Indonesia memiliki segala potensi yang dibutuhkan untuk menjadi negara besar dan maju.

"Sesuai dengan judul buku Growing! Meretas Jalan Kejayaan kami berharap gerak maju Indonesia ke tataran dunia terus berlanjut pada pemerintahan yang akan datang. Kami juga berharap ada kesinambungan dari program yang telah berhasil," ujarnya.

Buku setebal 87 halaman itu tidak hanya mengupas keberhasilan yang telah dicapai oleh Kabinet Indonesia Bersatu selama dua periode pemerintahan, tetapi juga tantangan dan peluang yang dihadapi pada masa yang akan datang.

"Selama ini, di media massa yang diberitakan sebagian besar mengenai kejelekan pemerintah. Padahal pemerintah itu sudah bekerja dengan sungguh-sungguh," jelasnya.

Freddy berharap buku itu  mampu memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan nasional, sekaligus sebagai batu pijakan bagi pemerintahan yang baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper