Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sime Darby Akan Akuisisi Kebun Sawit US$1,75 Miliar

Produsen kelapa sawit terbesar di dunia Sime Darby Bhd. berencana mengakuisisi 85% saham premium New Britain Palm Oil yang memiliki lahan kelapa sawit di Papua Nugini senilai US$1,75 miliar.
Perkebunan sawit/Bisnis
Perkebunan sawit/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--Produsen kelapa sawit terbesar di dunia Sime Darby Bhd. berencana mengakuisisi 85% saham premium New Britain Palm Oil yang memiliki lahan kelapa sawit di Papua Nugini senilai US$1,75 miliar.

Aksi korporasi ini dipicu adanya pembatasan kepemilikan asing pada bidang perkebunan di Indonesia, sebagai salah satu produsen kelapa sawit di dunia, serta semakin menipisnya lahan perkebunan sawit di Malaysia.

“Cadangan lahan yang besar sangat sulit ditemukan saat ini, khususnya ada ketidakpastian di Indonesia,” kata  Chye Wen Fei, analis Hong Leong Investment Bank Bhd di Kuala Lumpur, seperti dikutip Blommberg, Sabtu (11/10/2014).

Dia menilai harga yang penawaran memang tergolong tinggi, tetapi hal ini dapat dikompensasi dengan luas lahan yang akan diperoleh produsen kelapa sawit asal Malaysia itu.

Sime Darby merupakan produsen minyak kelapa sawit terbesar di dunia yang mencatatkan diri di pasar modal telah menawar harga New Britain Palm Oil Ltd. yang tercatat di bursa London dengan harga 7,15 pound per saham.

New Britain memiliki 79.800 hektare lahan kebun sawit tertanam, 7.700 hektare lahan tebu, dan 9.200 hektare lahan cadangan yang dapat dikonversi menjadi lahan kelapa sawit.

Selain itu, New Britain juga memiliki 12 pabrik dan dua pabrik pengolahan kelapa sawit di Papua Nugini dan Liverpool, Inggris. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maftuh Ihsan
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper