Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

JAMINAN KESEHATAN NASIONAL: Rujukan Berjenjang Diharap Permudah Akses

Pengaturan sistem rujukan berjenjang pelayanan medis untuk program Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN diharapkan mampu lebih memudahkan akses bagi masyarakat.
Amri Nur Rahmat
Amri Nur Rahmat - Bisnis.com 07 Oktober 2014  |  18:31 WIB
JAMINAN KESEHATAN NASIONAL: Rujukan Berjenjang Diharap Permudah Akses
Ilustrasi. - Bisnis.com

Bisnis.com, MAKASSAR - Pengaturan sistem rujukan berjenjang pelayanan medis untuk program Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN diharapkan mampu lebih memudahkan akses bagi masyarakat.

Plt Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Abdul Latief mengatakan dengan adanya sistem tersebut juga mempengaruhi pengembangan seluruh rumah sakit skala provinsi maupun kabupaten/kota dapat direncanakan secara sistematis, efesien, dan efektif.

Menurutnya, khusus di Sulawesi Selatan telah diterbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 15/2008 tentang Regionalisasi Sistem Rujukan Rumah Sakit di Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam Pergub tersebut diatur pembagian wilayah di Sulsel menjadi 6 region, di mana setiap region mempunyai rumah sakit yang menjadi pusat rujukan.

"Peraturan itu tidak lain agar sistem rujukan berjenjang di Sulsel semakin baik dan dapat mendukung penyelenggaraan JKN,” katanya di sela-sela kegiatan Advokasi Sistem Rujukan Berjenjang Wilayah, Selasa (7/10/2014).

Adapun, 6 kawasan yang dimaksud yakni Region Timur dengan pusat rujukan RS Palopo, kemudian Region Utara yakni RS Parepare, Region Tenggara dengan pusat RS Watampone.

Selanjutnya Region Selatan dengan pusat rujukan di RS Bulukumba, Region Gerbang Utara dengan pusat rujukan di RS Daya serta Region Gerbang Selatan dengan pusat ruujukan RS Labuang Baji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jaminan kesehatan nasional
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top