Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Percepat Proyek NCICD, Pemerintah Alokasikan Anggaran Rp3,2 Triliun

Anggaran pemerintah senilai Rp3,2 triliun dalam tiga tahun ke depan dipastikan akan digunakan untuk pembiayaan tahap I megaproyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) yang ditargetkan akan selesai pada 2030

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menganggarkan dana Rp3,2 triliun dalam 3 tahun ke depan untuk mendanai tahap pertama megaproyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) yang ditargetkan akan selesai pada 2030.

Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung mengatakan besaran dana tersebut digunakan untuk pembangunan dinding penahan air atau bendungan tahap I sepanjang 8 km dari keseluruhan 33 kilo meter, yang dananya Rp1,6 triliun bersumber dari pemerintah pusat dan Rp1,6 triliun dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Kita sepakat dari 33 km yang harus dibangun, ada 8 km jadi tanggung jawab pemerintah baik pusat maupun DKI, " ujarnya seusai menggelar rapat terkait NCICD, Jumat (3/10).

Dia menjelaskan sekitar 25 km sisanya akan dibangun oleh developer yang diberi kesempatan untuk melakukan reklamasi dengan jarak 300 meter dari bendungan. Namun, dalam kesepakatan rapat dihasilkan adanya keharusan developer untuk membangun bendungan terlebih dahulu sebelum diberi tahap untuk pengerukan.

"Dinding penahan air tersebut harus bisa selesai dalam waktu 3 tahun. Kebutuhan infrastruktur ini sangat mendesak untuk melindungi Jakarta dari banjir yang disebabkan turunnya tanah di Ibu Kota serta naiknya air laut karena perubahan iklim," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper