Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Didesak Tingkatkan Kemitraan Di Sektor Pertanian

Pemerintah didesak menekankan kemitraan dalam sektor pertanian, mengingat terbatasnya daya dukung dan sumber daya pertanian untuk mencapai ketahanan pangan.
Irene Agustine
Irene Agustine - Bisnis.com 03 Oktober 2014  |  23:01 WIB
Pemerintah Didesak Tingkatkan Kemitraan Di Sektor Pertanian

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah didesak menekankan kemitraan dalam sektor pertanian, mengingat terbatasnya daya dukung dan sumber daya pertanian untuk mencapai ketahanan pangan.

Pasalnya, populasi dunia diperkirakan mencapai 9 miliar jiwa pada 2050 yang diiringi oleh meningkatnya kebutuhan pangan hingga 70%. Sementara itu , tekanan pada lingkungan yang disebabkan ekspansi pertanian untuk produksi pangan diprediksi juga bertambah.

Menurut Direktur MB- IPB Arief Daryanto, kendala dari sektor pangan, energi dan iklim merupakan hal yang terkait sehingga dapat berjalan baik jika swasta melakukan kolaborasi dengan pemerintah.

“Karena itu kemitraan dan kolaborasi adalah satu langkah untuk mengatasi masalah ketahanan pangan,” katanya dalam acara Pertanian Berkelanjutan Solusi Ketahanan Pangan Indonesia, Jumat, (3/10).

 Vice President Conservation International, Ketut Sarjana Putra menambahkan dibutuhkan pendekatan baru yang menekankan peran fundamental dari lingkungan agar pertanian berkelanjutan tercipta untuk mencapai ketahanan pangan.

“Karena manusia tidak dapat menghasilkan pangan secara berkelanjutan tanpa melindungi alam. Sebaliknya manusia tidak dapat melindungi alam tanpa memproduksi pangan secata berkelanjutan,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ketahanan pangan
Editor : Yusran Yunus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top