Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhut : 2015, Semua Produk Kayu Wajib Pakai SVLK

Terhitung 1 Januari 2015, seluruh produk berbasis kayu termasuk mebel dan kerajinan harus mengantongi sertifikat legalitas kayu (SLK) berdasarkan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK).
Bisnis.com, JAKARTA—Terhitung 1 Januari 2015, seluruh produk berbasis kayu termasuk mebel dan kerajinan harus mengantongi sertifikat legalitas kayu (SLK) berdasarkan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK).
 
Dirjen Bina Usaha Kehutanan Kementerian Kehutanan Bambang Hendroyono menyatakan SVLK kini wajib dipenuhi oleh semua pihakyang melakukan pengelolaan hutan dan perdagangan kayu.
 
"SVLK adalah komitmen nasional dan sistem yang kredibel dalam mendorong pengelolaan hutan lestari," katanya di Jakarta, (9/9/2014).
 
Implementasi penuh SVLK diatur berdasarkan Peraturan Menteri Kehutanan No.43/Menhut-II/2014.
 
Berdasarkan ketentuan itu seluruh kayu dan produk kayu yang beredar harus dilengkapi SLK, termasuk yang dihasilkan oleh pelaku usaha skala rakyat.
 
Sebelumnya kewajiban itu hanya berlaku untuk kayu yang berasal dari hutan negara dan yang diproduksi oleh industribesar seperti kayu lapis, moulding, bubur kayu dan kertas.
 
Bambang mengatakan selama ini, pelaku usaha skala rakyat memang kesulitan untuk memenuhi SVLK karena persoalan biaya audit, jumlah yang masif, dan dokumen perizinan.
 
Namun, dia menambahkan bahwa kesulitan tersebut bisa diatasi dengan penggunaan Dokumen Kesesuaian Pemasok (DKP).
 
Dokumen tersebut dibuat oleh pelaku usaha kecil dan skala rakyat yang menyatakan bahwa kayu dan produk kayu yang mereka hasilkanbersumber dan diproses secara legal.
 
“Dokumen diterbitkanan secara mandiri dan tidak perlu diverifikasi oleh auditor sehingga bebas biaya,” kata Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper