Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLTMG Bawean Diresmikan, PLN Hemat Rp18 miliar per Tahun

PT Perusahaan Listrik Negara menghemat Rp8 miliar per tahun dari pengoperasian pembangkit listrik mini gas (PLTMG) Bawean di Gresik yang menggunakan bahan bakar compressed natural gas (CNG).

Bisnis.com, JAKARTA—PT Perusahaan Listrik Negara menghemat Rp8 miliar per tahun dari pengoperasian pembangkit listrik mini gas (PLTMG) Bawean di Gresik yang menggunakan bahan bakar compressed natural gas (CNG).

Direktur Operasi Jawa Bali Sumatra PLN Ngurah Adnyana mengatakan beroperasinya pembangkit ini menghemat biaya pemakaian bahan bakar hingga Rp863 per kWh. Biaya produksi dengan menggunakan BBM di Bawean sekitar Rp 2.800 per kWh.

"PLTMG Bawean akan bisa menghemat biaya operasi sekitar Rp1,5 miliar per bulan," katanya seperti dikutip Bisnis, Kamis (21/8/2014).

Kebutuhan gas untuk PLTMG Bawean sekitar 0,6 MMSCF per hari. CNG disimpan dalam tabung skid di Gresik dan setiap empat hari akan dikapalkan menuju pulau Bawean dengan kapasitas pengapalan sebesar 2 MMSCF. 

Sebelum beroperasinya PLTMG Bawean ini, jelasnya, listrik di pulau Bawean dipasok dari pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) dengan total 5 MW dimana 1 MW milik PLN dan 4 MW dari sewa diesel.

“Sebanyak 460ribu liter BBM tiap bulan dibakar untuk melayani kelistrikan masyarakat Bawean,” ujarnya.

PLTMG Bawean dibangun dengan merenovasi lokasi pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) Bawean oleh PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB), anak perusahaan PLN yang bergerak di bidang pembangkitan listrik.

Menurut Adnyana, teknologi CNG sangat cocok untuk kepulauan. Program CNG marine sudah dilaksanakan di pulau Kijang, Bintan. Bawean merupakan pulau kedua yang menggunakan CNG marine.

Kepala Divisi Gas dan BBM PLN Suryadi Mardjoeki mengungkapkan Pulau Karimun Jawa juga akan menggunakan bahan bakar CNG dalam waktu dekat. Selain itu, PLN Batam juga telah mendapatkan penugasan untuk menggasifikasi pulau-pulau di kepulauan Riau.

"Target kami untuk mengurangi penggunaan BBM di pulau-pulau sehingga target fuel mix sebesar 1% pada tahun 2017-2018 bisa terpenuhi,” jelasnya.

PLN mengklaim persentase penggunaan BBM terus menurun. Pada 2013, penggunaan BBM tinggal 12% setelah sebelumnya mencapai 15% pada 2012 dan sebesar 24,5% pada 2011.

Sejak 2013, penggunaan CNG Di Jakabaring, CNG di Grati dan CNG di Duri sejauh ini dianggap berhasil. Satu lagi proyek yang terbesar nanti adalah membawa gas dari Gresik ke Lombok.

“Diperkirakan awal 2016 akan beroperasi,” jelas Suryadi.

CNG plant merupakan usaha PLN untuk melakukan efisiensi pemakaian gas dengan cara pemampatan atau kompresi gas pada saat kebutuhan pembangkitan rendah. Proyek ini akan terus dikembangkan untuk memenuhi energi primer pembangkit listrik ke pulau-pulau kecil yang tidak terjangkau fasilitas pipa gas dan untuk menekan pemakaian BBM.

Pembangunan CNG ini mendukung diversifikasi energi dengan memanfaatkan penggunaan bahan bakar non minyak.

Lebih jauh, penerangan di lingkungan PLTMG - CNG Bawean menggunakan lampu ramah lingkungan berbasis solar cell. Lampu LED berkapasitas 50 Watt per lampu tersebut dirakit memanfaatkan reused aki dari Unit Pembangkitan Gresik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fauzul Muna

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper