Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Sultan Hasanuddin: Penumpang Susut di Semester Pertama 2014

Pergerakan penumpang pesawat udara yang berangkat melalui Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, susut 8,6% pada semester pertama tahun ini.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, MAKASSAR - Pergerakan penumpang pesawat udara yang berangkat melalui Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, susut 8,6% pada semester pertama tahun ini.

Pemberangkatan penumpang untuk rute internasional tercatat mengalami penurunan signifikan sebesar 24,9% menjadi 19.300 orang dibandingkan dengan semester periode yang sama tahun lalu sebanyak 25.700 orang.

Sedangkan penumpang yang diberangkatkan dengan rute domestik melalui Bandara Sultan Hasanuddin turun 8,35% menjadi 1,55 juta orang pada semester pertama 2014.

Secara kumulatif, pengguna moda transportasi udara yang berangkat melalui Bandara Sultan Hasanuddin dalam enam bulan pertama tahun ini sebanyak 1,57 juta orang, susut 8,6% dari periode yang sama tahun lalu 1,72 juta orang.

GM Angkasa Pura I Cabang Bandara Sultan Hasanuddin Rachman Syafrie mengatakan kondisi tersebut memang terjadi untuk pemberangkatan dari Makassar ke sejumlah destinasi domestik maupun internasional yang terhubung.

"Apalagi tahun ini beberapa maskapai menutup sejumlah rute yang dinilai tidak lagi menguntungkan secara bisnis, maupun maskapai yang tidak beroperasi lagi," ucapnya saat dihubungi Bisnis, Rabu (6/8/2014).

Dengan kondisi tersebut, secara umum terjadi perlambatan arus penumpang yang menggunakan jasa Bandara Sultan Hasanuddin terkhusus untuk kategori pemberangkatan, kedatangan dan transit.

Menurutnya, pemberangkatan penumpang diakui mengalami penurunan tertinggi dibandingkan dengan arus penumpang yang datang maupun transit di bandara ini.

Adapun, pada tahun ini perseroan memperkirakan total penumpang yang berangkat, datang maupun transit melalui Bandara Sultan Hasanuddin bakal 11,2 juta orang hingga akhir tahun ini.

Estimasi tersebut meningkat 16,7% dibandingkan dengan total pengguna transportasi udara yang menggunakan jasa Bandara Sultan Hasanuddin sebanyak 9,6 juta orang dengan pergerakan pesawat sebanyak 94.759 pergerakan.

Kepala BPS Sulsel Nursam Salam mengemukakan tren penurunan arus penumpang telah terlihat sejak awal tahun ini yang volumenya lebih rendah dibandingkan tahun lalu.

Kendati demikian, memasuki akhir semester I/2014 kecenderungan peningkatan mulai terlihat walau hanya tumbuh di kisaran 5% secara bulanan.

"Kami perkirakan hingga akhir tahun ini jumlah penumpang akan lebih meningkat dibandingkan tahun lalu. Apalagi lonjakan penumpang itu terjadi di awal semester II [Juli] bertepatan dengan momen mudik, belum lagi momen natal dan liburan akhir tahun nanti," paparnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper