Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Apkasi Keluhkan Pembangunan Infrastruktur di Luar Jawa Kurang Diperhatikan

Pembangunan infrastruktur di luar pulau Jawa jangan hanya menjadi janji politik. Pemerintahan baru harus berkomitmen untuk melakukan pemerataan.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 14 Juli 2014  |  08:15 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Pembangunan infrastruktur di luar pulau Jawa jangan hanya menjadi janji politik. Pemerintahan baru harus berkomitmen untuk melakukan pemerataan.

Menurut ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) yang juga Bupati Kutai Timur, Isran Noor, selama ini pemerintahan hanya menjadikan kawasan luar Jawa sebagai sumber pemasukan keuangan dan energi. Sementara orang yang bermukim dan tinggal di kawasan itu tidak diperhatikan.

"Bahkan membangun dengan uang daerah, tapi pemerintah pusat tidak memberikan [pelepasan] izin kawasan [hutan]," katanya Senin, (14/7/2014).

Akibatnya, banyak pembangunan yang terkendala. Isran mencontohkan banyaknya kawasan pemukiman penduduk namun dikelilingi oleh hutan sehingga di peta Kementerian Kehutanan masih ditandai sebagai hutan. Akibatnya pemerintah daerah kesulitan melakukan pembangunan karena sulitnya mengurus izin pelepasan kawasan ke pemerintah pusat.

"Kenapa kalau [menggusur] hutan manusia di Jawa pemerintah [pusat] mudah memberi izin, sementara [melepas kawasan] hutan kayu sangat sulit," tuturnya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

infrastruktur luar jawa
Editor : Yusran Yunus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top