Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MINYAK MENTAH: Pertamina Tambah Armada Tanker Pengangkut

PT Pertamina (Persero) menambah armada kapal tanker pengangkut minyak mentah berukuran aframax dengan bobot 105.000 DWT dengan nama Gamsunoro yang diambil dari nama gunung di Kepualauan Maluku.

Bisnis.com, YOKOSUKA -- PT Pertamina (Persero) menambah armada kapal tanker pengangkut minyak mentah berukuran aframax dengan bobot 105.000 DWT dengan nama Gamsunoro yang diambil dari nama gunung di Kepualauan Maluku.

Direktur Marketing dan Trading Pertamina Hanung Budya mengatakan kapal telah diterima dan dinamai di galangan kapal Sumitomo Heavy Industries, Yokosuka, Jepang. Kontrak pembangunan kapal tersebut telah ditandatangani pada 6 Maret 2013.

“Masa konstruksi pembangunan kapal berlangsung selama 16 bulan sejak penandatanganan kontrak,” katanya, Selasa (24/6/2014).

Dia menjelaskan, Gamsunoro akan menjadi kapal milik Pertamina yang ke-62 dari total 191 kapal yang dioperasikan Pertamina.

Gamsunoro merupakan kapal pertama milik Pertamina yang dilengkapi dengan Ballast Water Treatment (BWT).

Berdasarkan rilis yang diterima Bisnis, upacara penamaan yang dilaksanakan hari ini merupakan tahapan terakhir kapal berada di area galangan.

Selanjutnya, kapal akan melakukan pelayaran perdana menuju Indonesia dengan seluruh awak kapal Indonesia.

Rencananya, kapal akan melalui proses penggantian bendera Panama ke Indonesia (reflagging) di Singapura.

Setelah itu, kapal akan langsung masuk ke wilayah perairan Indonesia.

Hanung mengungkapkan penambahan armada kapal tersebut merupakan bagian dari strategi jangka panjang Pertamina untuk mewujudkan strategi peningkatan keuntungan di sektor bisnis hilir (profitable downstream).

“Penambahan kapal Gamsunoro akan meningkatkan efisiensi biaya pengangkutan minyak mentah yang akhirnya menguatkan posisi Pertamina dalam persaingan global di bisnis migas,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fauzul Muna
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper