Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mie Instan Jadi Merek Unggul Kelompok Fast Moving Consumer Goods

Kelompok makanan dan minuman instan kembali menjadi unggulan dalam survey tahunan merek unggulan kelompok Fast Moving Consumer Goods (FMCG) tahun 2014 yang diselenggarakan Kantar World Panel, sebuah lembaga riset bidang pengetahuan dan wawasan konsumen.
  Tumpukan produk mie instan. /
Tumpukan produk mie instan. /

Bisnis.com, JAKARTA—Kelompok makanan dan minuman instan kembali menjadi unggulan dalam survey tahunan merek unggulan kelompok Fast Moving Consumer Goods (FMCG) tahun 2014 yang diselenggarakan Kantar World Panel, sebuah lembaga riset bidang pengetahuan dan wawasan konsumen. Beberapa merek yang menempati posisi teratas yakni Indomie di posisi pertama, Mie Sedaap posisi kedua, dan Frisian Flag posisi ketiga.

Sekjen Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi), Franky Sibarani mengatakan bahwa munculnya tiga nama makanan dan minuman instan di survey terbaru tersebut, disebabkan makanan ini sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat di semua kelas dan kelompok masyarakat.

“Khususnya dua merek mie instan dan satu merek susu menjadi merek yang paling unggul dan banyak dibeli, karena ketiganya sudah menjadi kebutuhan pokok meskipun produk susu masih dikategorikan kebutuhan masyarakat kelompok menengah,” kata Franky kepada Bisnis.com, Minggu (15/6/2014).

Faktor tertinggi minat beli masyarakat akan makanan dan minuman saat ini, menurut Franky memang untuk memenuhi kebutuhan harian. Soal kaitan antara gencarnya promosi dengan minat beli dan konsumsi, hal ini tidak terlalu berpengaruh pada kelompok makanan ini.

Kondisi pasar selaku konsumen mie instant katanya saat ini sudah terbentuk, dari kampanye secara massif dan sejak lama telah dilakukan produsen. Kalaupun ada promosi yang dilakukan para pemilik merek mie saat ini dinilai Franky hanya untuk menjaga pasar saja agar tetap memilih produk mereka saat berbelanja.

Selain produk mie dan susu, ada juga dua merek kopi instan yang turut unggul di survey FMCG yakni Kapal Api dan ABC Santos. Dua merek ini dinilai sebagai pemain yang cukup lama dan telah memiliki pasar loyal dan terus tumbuh.

“Khusus di kelompok kopi instan, pasarnya masih memungkinkan untuk tumbuh, apalagi konsumsi kopi dalam negeri kita terus meningkat setiap tahunnya,” kata Franky.

Selain dua nama yang masuk jajaran 10 besar, ada juga dua merek baru yakni Luwak White Coffe yang berhasil menempati posisi 20, sedangkan TOP Coffe dari Wingsfood yang mampu masuk top 50 FMCG 2014, yakni di posisi 38.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Setyardi Widodo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper