Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ALI Usul Biaya Bongkar Muat Kontainer Pakai Rupiah

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) mengusulkan pembayaran jasa bongkar muat container handling charges (CHC) di pelabuhan menggunakan mata uang rupiah bukan dolar seperti saat ini

Bisnis.com, JAKARTA--Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) mengusulkan pembayaran jasa bongkar muat container handling charges (CHC) di pelabuhan menggunakan mata uang rupiah bukan dolar seperti saat ini.

Ketua Umum ALI, Zaldy Masita, mengatakan usulan penyesuaian CHC  di Pelabuhan Tanjung Priok yang diusung oleh Pelindo II/IPC selaku Badan Usaha Pelabuhan juga  bertentangan dengan dengan sistem logistik nasional (Sislognas) yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden No. 26/2012.

"Kalau penaikkan CHC di Priok dilakukan  berpotensi  menambah beban eksportir dan importir Indonesia mencapai Rp.800 milyar/tahun," ujar Zaldi melalui keterangan pers-nya, Selasa (10/6/2014).
 
ALI, kata dia, merasa heran jika BUP tetap ngotot menaikkan biaya CHC yg ditagihkan dalam mata uang dollar tersebut ditengah upaya pemerintah menurunkan biaya logistik.

Zaldi  juga mempertanyakan soal pendapatan/keuntungan operator pelabuhan Priok khusunya terhadap  pengelolaan terminal peti kemas yang masih didominasi asing di Priok.

"Kita harapkan semua pihak bisa menahan diri utk tidak  menaikkan biaya logistik di Indonesia yang sudah tinggi dan bersama-sama  berusaha semaksimal mungkin untuk menurunkan biaya logistik," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhmad Mabrori
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper