Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA DAGING AYAM: Kini Rp28.817 Per Kilogram

Harga rata-rata daging ayam pada minggu ini yang mencapai Rp28.817 per kilogram merupakan salah satu langkah pemerintah dalam mengantisipasi adanya lonjakan harga yang cukup tinggi untuk daging ayam khususnya pada saat memasuki bulan Ramadhan.
Harga daging ayam kini Rp28.817 per kilogram/JIBI
Harga daging ayam kini Rp28.817 per kilogram/JIBI

Bisnis.com, JAWA TENGAH -  Harga rata-rata daging ayam pada minggu ini yang mencapai Rp28.817 per kilogram merupakan salah satu langkah pemerintah dalam mengantisipasi adanya lonjakan harga yang cukup tinggi untuk daging ayam khususnya pada saat memasuki bulan Ramadhan.

"Diharapkan pada saat puasa dan lebaran harga daging ayam tidak melonjak tinggi, karena selama ini para peternak rakyat itu merugi," kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Srie Agustina, di sela-sela acara Pangan Nusa, di Purwokerto, Jawa Tengah, Jumat.

Srie menjelaskan, kerugian yang diderita para peternak rakyat tersebut berimbas dengan adanya kenaikan harga yang tinggi pada saat bulan puasa dan Lebaran. Naiknya harga daging ayam tersebut diambil untuk menutupi kerugian peternak rakyat ditengah-tengah adanya permintaan yang tinggi pada bulan-bulan tersebut.

"Itulah kesempatan mereka untuk menutup kerugian," ujar Srie.

Untuk menghindari adanya lonjakan harga daging ayam tersebut, lanjut Srie, pemerintah telah memberikan himbauan untuk untuk mengurangi pasokan ayam usia sehari atau day old atau Day Old Chicks (DOC) sebesar 15%  dari pasokan mingguannya.

Langkah tersebut, ujar Srie, merupakan salah satu kebijakan yang diambil oleh pemerintah dan didukung oleh pengusaha dalam negeri dimana sebelumnya mereka mengalami kelebihan produksi sebanyak 40.000-47.000  ekor DOC per minggunya dan menyebabkan harga daging ayam terlalu rendah.

"Setelah kita melakukan perhitungan dengan instrumen yang ada, para pengusaha mengusulkan pengurangan pasokan sebesar 15%  untuk mendapatkan pemasukan yang cukup bagi para peternak," kata Srie.

Populasi ayam di dalam negeri mencapai 2,5 miliar ekor pertahun, dan dari jumlah tersebut sebanyak 70%  diproduksi oleh perusahaan besar sementara 30%  sisanya diproduksi oleh perusahaan kecil. Sementara itu untuk penjualannya, mayoritas atau sekitar 70%  melalui pasar tradisional, sedangkan 30% dari pasar modern.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper