Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengusaha Logistik Optimalkan Kereta Api Double Track

Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) mendorong optimalisasi penggunaan kereta api double track dan pelayaran jarak pendek sebagai solusi mengurangi beban jalan di jalur Pantura.

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) mendorong optimalisasi penggunaan kereta api double track dan pelayaran jarak pendek sebagai solusi mengurangi beban jalan di jalur Pantura.

Ketua Umum ALFI Yukki Nugrahawan Hanafi mengatakan pihaknya mendorong Kementerian Perhubungan untuk segera melakukan peresmian penggunaan jalur ganda Jakarta-Surabaya. Dengan demikian, pihaknya akan segera mendorong para pelaku usaha logistik dan forwarder memanfaatkan secara maksimal penggunaan double track.

"Kami mendorong adanya peresmian double track. Kami sepakat adanya pengalihan barang dari jalan ke kereta api," ujarnya, Selasa (20/5).

Dia menilai, rencana optimalisasi penggunaan double track tersebut sejalan dengan konsep ALFI dalam hal reformasi logistik nasional. Dia mengharapkan, keberadaan double track dapat meningkatkan kinerja logistik sekaligus mengangkat daya saing nasional.

Selain itu, pihaknya juga mendorong pemerintah dan pelaku usaha untuk mulai melakukan pengadaan pelayaran kapal roll on roll off (Ro-ro) untuk jalur Bakaheuni-Tanjung Priok dan Bakaheuni-Tanjung Perak. Dorongan itu, imbuhnya, beriringan dengan optimalisasi pelayaran jarak pendek atau short sea shipping (SSS).

Kendati demikian, katanya, ALFI dan Kemenhub akan mengkaji lebih dalam terkait penggunaan kedua jenis moda transportasi tersebut. Nantinya, katanya, hasil kajian itu akan menjadi solusi teknis pengiriman logistik.

Dia mempertegas, sejauh ini ALFI fokus pada reformasi logistik yang meliputi harmonisasi dan sinkronisasi regulasi, infrastruktur, kebijakan fiskal dan pengembangan sumber daya manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Hilman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper