Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengelolaan Pelabuhan Priok Butuh Sinergi Stakeholders

Pengelolaan pelabuhan Tanjung Priok membutuhkan sinergi dan kerjasama yang kuat dengan semua stakeholders untuk memberikan layanan jasa kepelabuhanan yang prima kepada seluruh pengguna jasa.
Pelabuhan Tanjung Priok/JIBI
Pelabuhan Tanjung Priok/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA -  Pengelolaan pelabuhan Tanjung Priok membutuhkan sinergi dan kerjasama yang kuat dengan semua stakeholders untuk memberikan layanan jasa kepelabuhanan yang prima kepada seluruh pengguna jasa.

General Manager Pelindo II Tanjung Priok, Ari Henryanto mengatakan saat ini Pelindo sebagai operator di Pelabuhan sebagaimana diamanatkan dalam UU NoH17/2008 tentang Pelayaran akan terus melakukan pengembangan kapasitas pelabuhan Tanjung Priok.

"Penyelenggara pelabuhan adalah otoritas sedangkan Pelindo merupakan operator pelabuhan.Karena itu mesti sinergi untuk memberikan layanan kepada masyarakat pengguna jasa pelabuhan," ujar Ari saat dalam sambutannya saat acara pisah sambut Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, di terminal penumpang, hari ini,Rabu (14/5/2014).

Dia juga mengatakan, program pengembangan di pelabuhan Priok juga mesti didukung harmonisasi dengan seluruh asosiasi pengguna jasa agar iklim bisnis tetap kondusif.

Sahat Simatupang yang kini menjabat KaOP Tanjung Perak Surabaya mengatakan bahwa penyelenggara pelabuhan adalah otoritas pelabuhan sedangkan Pelindo merupakan operator pelabuhan.

Salah satu fungsi OP,kata dia, adalah mewakili pemerintah dalam memberikan konsesi pengoperasian fasilitas pelabuhan.

"Priok salah satu yang sukses dalam menyelenggarakan konsesi, dengan hadirnya terminal Kalibaru," ujarnya.

Sedangkan Kepala Otoritas Pelabuhan Priok Wahyu Widayat menyatakan, instansinya akan menegakkan semua regulasi yang sudah ada dalam penyelenggaraan pelabuhan umum dan komersil di tanah air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhmad Mabrori
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper