Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MUDIK LEBARAN: Optimalisasi KA dan Bus Setop Ketergantungan Pantura

Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) meminta pemerintah meningkatkan kualitas dan kuantitas angkutan kereta api dan bus untuk memutus ketergantungan pemudik terhadap Jalur Pantura Jawa.
Muhamad Hilman
Muhamad Hilman - Bisnis.com 13 Mei 2014  |  19:27 WIB
MUDIK LEBARAN: Optimalisasi KA dan Bus Setop Ketergantungan Pantura
Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Ignatius Jonan (kiri) menyapa penumpang kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta, beberapa waktu lalu. - Bisnis/Alby Albahi

Bisni.com,JAKARTA - Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) meminta pemerintah meningkatkan kualitas dan kuantitas angkutan kereta api dan bus untuk memutus ketergantungan pemudik terhadap Jalur Pantura Jawa.

Danang Parikesit, Ketua MTI mengatakan Kementerian Perhubungan dan PT Kereta Api Indonesia (KAI), semestinya melakukan tambahan rangkaian kereta api untuk mengantisipasi sekaligus mengalihkan ketergantungan para pemudik melalui jalur Pantura Jawa.

"Kalau ada keinginan untuk support kereta api, tingkatkan lebih banyak dari tahun lalu," ucapnya, Selasa (13/5/2014).

Selain itu, pemerintah juga semestinya mendorong mobilisasi angkutan bus dari daerah-daerah yang tidak memiliki demand tinggi untuk menutupi kebutuhan bus di Pulau Jawa.

Menurutnya, selama ini keterbutuhan jumlah bus pada saat arus mudik dirasa kurang. Hanya saja, keluhan itu tidak disikapi dengan mobilisasi bus ke Jawa.

Kedua langkah itu, dia menuturkan, selain memutus ketergantungan pemudik terhadap jalur Pantura, penggunaan kereta api ataupun bus akan serta merta menurunkan angka kecelakaan arus mudik hingga 30%.

"Dan waktu tempuh perjalanan akan terpangkas," ucapnya.

Danang pun meminta Kemenhub sebagai koordinator penanganan arus mudik Lebaran dapat memberikan informasi sejak jauh-jauh hari kepada masyarakat. Idealnya, katanya, penginformasian arus mudik dilakukan sejak 6 bulan sebelum puncak arus mudik Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api jalur mudik
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top