Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Peringati Hari Air Dunia, PU Gelar Peduli Sungai dan Situ

Kementerian Pekerjaan Umum menggelar kegiatan Gerakan Peduli Situ dan Sungai di Situ Cipicung, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, hari ini, Rabu (7/5/2014).
Dimas Novita Sari
Dimas Novita Sari - Bisnis.com 07 Mei 2014  |  16:01 WIB
Kran air bersih. PU gelar peduli sungai dalam rangka perayaan Hari Air se/Dunia
Kran air bersih. PU gelar peduli sungai dalam rangka perayaan Hari Air se/Dunia

Bisnis.com, JAKARTA-- Kementerian Pekerjaan Umum menggelar kegiatan Gerakan Peduli Situ dan Sungai di Situ Cipicung, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, hari ini, Rabu (7/5/2014).

Pada acara tersebut, kementerian melakukan penyebaran benih ikan dan penanaman pohon. Selain itu juga diselenggarakan pameran dari komunitas dan lembaga swadaya masyarakat yang perduli dengan air.

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto mengatakan kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka Hari Air Dunia ke XXII. Adapun tema peringatan Hari Air Dunia tersebut ialah mempertimbangkan keterkaitan erat antara air dan energi.

“Contoh keterkaitan antara air dan energi adalah pembangkit listrik tenaga air seperti di Waduk Juanda, Waduk Sutami dll, PLTA merupakan pembangkit listrik yang sangat ramah terhadap lingkungan,” katanya dalam keterangan tertulis.

Air pun, sambungnya, juga membutuhkan energi di setiap tahapan pengelolannya. Mulai dari proses pengambilan air di sumbernya, pengolahan air, hingga distribusi air. Persediaan air dan energi sama-sama terbatas namun permintaannya justru meningkat.

Lebih lanjut dia menjelaskan, ketahanan pangan  juga sangat bergantung dari budidaya pertanaman dan efisiensi penggunaan air, sehingga dibutuhkan infrastruktur yang mendukung terjaminnya kelestarian air untuk kebutuhan pangan.

“Terkait dengan tiga tantangan tersebut, untuk memanfaatkan potensi sumber daya air yang ada maka dapat dilaksanakan melalui pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan,” ujar Djoko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hari air se dunia
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top