Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HILIRISASI MINERAL: Waspadai Potensi Kredit Macet

Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) mengeluhkan kebijakan pelarangan ekspor mineral mentah. Alasannya, pelarangan tersebut mengakibatkan kredit macet perusahaan alat berat yang ditaksir mencapai Rp75 triliun.

Bisnis.com,JAKARTA — Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) mengeluhkan kebijakan pelarangan ekspor mineral mentah. Alasannya, pelarangan tersebut mengakibatkan kredit macet perusahaan alat berat yang ditaksir mencapai Rp75 triliun.

Ketua APPI Suwandi Wiratno mengatakan selama 2013 sebelum diberlakukannya larangan ekspor, pendapatan yang dihasilkan perusahaan leasing (pembiayaan) mencapai Rp380 triliun. Dari jumlah tersebut, 32% berasal dari sektor pertambangan, baik batubara maupun mineral.

“Tahun ini ada potensi kehilangan Rp8 triliun. Pasalnya, banyak dari perusahaan kontraktor alat berat dan jasa penunjang yang tidak mampu bayar kredit,” katanya, Rabu (7/5/2014).

Dia menjelaskan umumnya perusahaan alat berat membutuhkan waktu tiga tahun untuk melunasi tagihan pembelian yang dilakukannya. Karena itu, ketika operasi perusahaan tersendat, tentunya akan menganggu kelancaran pembayaran cicilan.

Menghadapi ancaman kredit macet tersebut, Suwandi menjelaskan perusahaan leasing langsung menarik kendaraannya. Selain itu, perusahaan akhirnya mencari alternatif lain dalam mengembangkan usahanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper