Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PEMBUKAAN INACRAFT: SBY Ingatkan Jalan Lagi Produk RI Dipatenkan Bangsa Lain

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menilai saat ini produk kerajinan Indonesia telah berkembang menjadi produk kreatif yang berbasis seni budaya, bernilai ekonomi tinggi, dan banyak diminati di pasar internasional.
Produk kerajinan UKM. Presiden mingingatkan jangan sampai produk RI dipatenkan bangsa lain/Bisnis
Produk kerajinan UKM. Presiden mingingatkan jangan sampai produk RI dipatenkan bangsa lain/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono  menilai  saat ini  produk kerajinan Indonesia telah berkembang menjadi produk kreatif yang berbasis seni budaya, bernilai ekonomi tinggi, dan banyak diminati di pasar internasional.

Hal ini tercermin dari pertumbuhan sektor kerajinan yang dalam 5 (lima) tahun terakhir tumbuhan 4,6%  sehingga bernilai US$669,1 juta pada 2013.

 Menurut Presiden,  tingginya minat pasar internasional terhadap produk kerajinan Indonesia itu dikarenakan produk industri kerajinan yang dihasilkan merupakan produk hasil sentuhan seni dan budaya dengan cita rasa yang tinggi.

“Kita memiliki para seniman  dengan sederet kreativitas yang tidak dimiliki dan bahkan tidak dapat disaingi oleh  produk bangsa-bangsa lain di dunia.  Kita memiliki keunikan tersendiri. Kita memiliki kekhasan ter-sendiri. Dan kita pun memiliki simbol dan  makna mendalam dari setiap karya yang dihasilkan para seniman berbakat dari seluruh tanah air,” tuturnya  saat membuka pameran Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) ke-16 di Jakarta, Rabu (23/4/2014),

Presiden meyakini, sumber daya tradisi dan budaya itu bila diolah dengan cerdas dan kreatif, didukung oleh pemanfaatan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, insya Allah dapat menjadi komoditas ekonomi bernilai tinggi, termasuk ketika kita memasuki Asean Enomic Comunity (AEC) atau komunitas ekonomi Asean pada Desember 2015 mendatang.

Dalam upaya mengembangkan produk kerajinan lebih bernilai tinggi, menurut Presiden, pemerintah memberikan bantuan permodalan yang mudah diakses oleh usaha mikro, kecil, dan menengah.

Pemerintah juga memperbaiki sistem manajemen usaha dengan baik, serta sistem promosi dan pemasaran yang efektif.

“Kita perbaiki pula sistem penjualan dan branding---termasuk paten hak kekayaan intelektual---yang harus kita perhatikan,” ujarnya seperti dimuat situs Setkab.

Terkait dengan upaya memperbaikin sistem penjualan dan branding itu, Presiden meminta para pengrajin agar memberikan perhatian besar pada pendaftaran serta promosi merk atau brand untuk produk hasil karya mereka.

SBY mengingatkan merk dari produk yang digunakan para pengrajin ikut menentukan kualitas promosi dan daya saing di pasar global.  Karena itu, Kepala Negara, meminta para pengrajin, agar terus memberikan perhatian pada pendaftaran produk kreasi mereka di Kantor Paten untuk mendapatkan perlindungan hukum atas hak ke-kayaan intelektual.

“Mari kita sama-sama pastikan tidak ada lagi, produk hasil karya dan kreativitas bangsa kita, justru didaftarkan patennya oleh bangsa lain,” pinta SBY.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper