Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indonesia Bisa Jadi Raksasa Eksportir Udang Dunia

Kendati prospek ekspor udang ke Jepang mulai menurun, Indonesia masih berpeluang besar menjadi raksasa eksportir produk perikanan seiring dengan penurunan daya saing dari negara kompetitor di Asia dan Amerika Latin.
Wike Dita Herlinda
Wike Dita Herlinda - Bisnis.com 20 April 2014  |  15:40 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Kendati prospek ekspor udang ke Jepang mulai menurun, Indonesia masih berpeluang besar menjadi raksasa eksportir produk perikanan seiring dengan penurunan daya saing dari negara kompetitor di Asia dan Amerika Latin.

Nilai ekspor perikanan RI tahun lalu menembus US$4,16 miliar, dengan konsumsi dalam negeri yang terus melesat menjadi 35,62 kg/kapita/tahun. Selain itu, Indonesia mulai menggenjot industrialisasi perikanan sebagai program utama untuk mengerek nilai tambah.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Pengolahan dan Pemasran Produk Perikanan Indonesia (AP5I) Thomas Darmawan mengatakan Indonesia berpeluang merajai ekspor perikanan karena suplai udang dari China, Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Meksiko terganggu virus EMS.

“Produksi jadi turun dan beberapa negara melarang impor udang segar dari negara-negara itu. Pada saat bersamaan, konsumsi di China naik drastis dan pesaing Indonesia, yaitu Vietnam, sedang mengalami kesulitan modal akibat krisis kredit. Ini adalah peluang kita,” lanjutnya, Minggu (20/4/2014).

Lagipula, lanjutnya, impor China terhadap produk perikanan India dan Ekuador menurun. Masalah kenaikan UMP dan biaya produksi di Thailand juga menghambat ekspor negara tersebut. Akibatnya, China akan terus menggenjot impor dari Indonesia.

Berdasarkan data UN Comtrade, Indonesia menempati posisi ke-7 sebagai pedagang hasil perikanan terbesar dunia dengan total nilai US$3,85 miliar pada 2012.

Posisi pertama ditempati China dengan US$18,12 miliar, diikuti Norwegia (US$8,51 miliar), Thailand (US$7,34 miliar), Vietnam (US$5,96 miliar), AS (US$5,44 miliar), dan Kanada (US$4,18 miliar). Total perdagangan perikanan dunia pada 2012 adalah US$120,49 miliar.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor udang
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top