Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian LH Minta BPK Audit Tugas Pemerintah Lestarikan Lingkungan

Kementerian Lingkungan Hidup meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengaudit hasil kinerja lingkungan pemerintah agar eksploitasi sumber daya alam dengan menggunakan anggaran pemerintah dapat lebih efektif dan efisien.
 Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Lingkungan Hidup meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengaudit hasil kinerja lingkungan pemerintah agar eksploitasi sumber daya alam dengan menggunakan anggaran pemerintah dapat lebih efektif dan efisien.

“Saya harap BPK dapat membuat audit kinerja yang terkait dengan sistem perizinan lingkungan, pemantauan kepatuhan lingkungan, dan dampaknya terhadap kualitas lingkungan,” ujar Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya, dalam siaran pers BPK, Rabu (09/04).

Dengan adanya hasil kinerja audit lingkungan tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup dapat mengembangkan kebijakan lingkungan yang efektif dan efisien, sekaligus dapat diimplementasikan di Indonesia.

Sementara itu, Ketua BPK Hadi Poernomo mengatakan BPK memiliki tugas penting untuk memantau dan mengaudit apakah pemerintah telah melakukan tugasnya dengan baik dalam melestarikan lingkungan.

“Kita semua menyadari dan menyetujui bahwa pertumbuhan ekonomi dunia telah membebani keseimbangan sumber daya alam dan ekosistem. Oleh karena itu, kami telah melakukan sejumlah audit lingkungan, misalnya di bidang energi atau keanekaragaman hayati,” katanya.

Dari hasil audit, BPK menerbitkan rekomendasi perbaikan di bidang pengelolaan lingkungan. Sejalan dengan itu, BPK juga memonitor tindaklanjut dari rekomendasi, sekaligus mengukur kualitas tindakan korektif atau perbaikan yang diambil pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper