Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sriwijaya Air Tambah 11.760 Kursi dan Frekuensi, Ini Rutenya

Maskapai penerbangan Sriwijaya AIr memperbanyak penerbangan tambahan di sejumlah rute dalam rangka mengantisipasi melonjaknya penumpang menjelang perayaan Hari Raya Imlek (Tahun Baru China) mendatang.
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 26 Januari 2014  |  10:26 WIB
 Armada Sriwijaya Air - Jibi
Armada Sriwijaya Air - Jibi

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang Hari Raya Imlek Sriwijaya AIr memperbanyak penerbangan tambahan sebanyak 11.760 kursi di sejumlah rute, mulai 27 Januari hingga 4 Februari guna mengantisipasi melonjaknya penumpang.

Rute penerbangan tambahan yang dilayani meliputi Jakarta - Pontianak PP, Jakarta - Pangkalpinang PP, dan Jakarta - Tanjung Pandan PP.

"Dalam rangka tahun baru China 2565 atau tahun baru Imlek, Sriwijaya Air menyediakan 11.760 kursi tambahan dalam  penerbangan tambahan, mulai 27 Januari hingga 4 Februari 2014," kata Agus Soedjono, Senior Manager Corporate Communications PT Sriwijaya Air, Minggu (26/1).

Dia menjelaskan dengan adanya jadwal penerbangan tambahan penerbangan itu, maka akumulasi penerbangan rute tersebut pada periode 27 Januari sampai dengan 4 Februari rute Jakarta -Pontianak PP menjadi sembilan kali sehari.

Rute Jakarta - Pangkalpinang PP untuk tanggal 27 - 28 - 31 Januari, dan  pada 1 , 3 dan 4 Februari akan dilayani tujuh kali sehari," katanya.

Rute Tanjung Pandan - Jakarta PP pada 29 - 30 Januari dan 2 Februari menjadi delapan kali sehari.

"Khusus untuk Jakarta - Tanjung Pandan PP, pada 2 Februari dari empat kali sehari menjadi lima kali sehari," ujarnya.

Agus mengungkapkan, jumlah penerbangan tambahan Imlek pada 2014 jauh lebih banyak dibandingkan penerbangan tambahan Imlek yang disediakan Sriwijaya Air tahun lalu yakni 7.000 kursi tambahan atau mengalami peningkatan sekitar 68%.

"Setiap tahunnya, extra flight Imlek memang selalu bertambah terutama untuk rute Jakarta - Pontianak yang banyak etnis Tionghoa yang merayakannya. Sehingga kami sebagai jasa pelayanan udara, berusaha untuk memfasilitasi kebutuhan pelanggan dalam rangka Imlek tersebut," katanya.

Agus juga mengutarakan rasa optimistisnya bahwa dengan penerbangan tambahan itu, tingkat keterisian penumpang bisa mencapai 85%.

Sebelumnya, Maskapai Sriwijaya Air juga memperkuat rute internasionalnya dengan membuka jalur penerbangan ke tiga kota di China mulai Rabu (22/1) melalui Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

"Ke tiga kota tersebut yakni Hangzhou, Ningbo, dan Nanking," kata Agus.

Ia memaparkan, penerbangan ke China itu akan dilakukan setiap hari sekali selama periode 22 Januari hingga Februari 2014 dengan menggunakan pesawat Boeing 737-800 Next Generation berkapasitas 167 kursi kelas ekonomi dan delapan kelas eksekutif.

Sriwijaya Air telah merencanakan untuk melebarkan pasarnya ke 11 wilayah di China, antara lain Peking, Hangzhou, Guilin, Guang Zhou, Wuhan, dan Chong Qing.

Kota lainnya di Negeri Tirai Bambu yang juga menjadi rencana dari perluasan rute internasional Sriwijaya Air adalah Pudong, Changsa, Shen Zhen, Ningbo dan Nanking.

"Namun, hingga saat ini, baru tiga wilayah yang mendapatkan izin untuk diterbangi," ujarnya. (Antara)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sriwijaya air
Editor : Bambang Supriyanto
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top