Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IFEX 2014: AMKRI Incar Transaksi US$500 juta

Asosiasi Mebel Kayu dan Rotan Indonesia (AMKRI) menargetkan transaksi penjualan senilai US$500 juta pada ajang Indonesia International Furniture Expo (IFEX) yang akan dilaksanakan pada Maret 2014.

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Mebel Kayu dan Rotan Indonesia (AMKRI) menargetkan transaksi penjualan senilai US$500 juta pada ajang Indonesia International Furniture Expo (IFEX) yang akan dilaksanakan pada Maret 2014.

Pameran tersebut rencananya dilaksanakan dua kali, masing-masing pada 11-14 Maret 2014 yang menyuguhkan berbagai pilihan mebel kayu, rotan, dan mebel berbahan bambu untuk ruang tamu, ruang makan, kamar tidur, ruang keluarga, serta mebel anak-anak.

Sementara, pameran kedua yang akan dilaksanakan pada 12-15 Maret 2014, akan menampilkan mebel dapur, kerajinan, mebel dari panel dan interior rumah.

Sebagai negara besar, Indonesia seharusnya menjadi leader industri mebel dan kerajinan di kawasan Asia Tenggara.

“Ada dua target transaksi di IFEX yaitu transaksi langsung saat pameran dan transaksi prospek yang merupakan repeat order atas pameran IFEX. Kami perkirakan  bisa menembus USS$500 juta,” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) AMKRI Abdul Shobur, Jumat (24/1).

Menurutnya, target tersebut sesuai dengan pertumbuhan industri mebel dan kerajinan pada 2014 sebesar 10%-20%.

Abdul optimistis prediksi nilai ekspor pada 2014 bisa menembus US$2,8 miliar dengan asumsi nilai ekspor untuk produk furnitur bisa mencapai US$2 miliar dan penjualan produk handricaft mencapai US$800 juta.

Ketua Umum AMKRI Soenoto mengatakan telah melapor kepada Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk membuka pameran bertaraf internasional tersebut. Rencananya, event pameran yang terselenggara tiap tahun itu kerjasama dengan India.

“Dengan dukungan dari Kemenperin, ada berapa ribu di situ. Sebanyak 1.250 stand yang diberikan free kepada daerah, seperti Jepara dan Cirebon,” papar Soenoto.

Pihaknya sudah lama minta dukungan untuk kerjasama dengan Kemenperin untuk menumbuhkembangkan industri furnitur nasional, terutama di pentas internasional. Menurut dia, Kemenperin akan terus memberikan dukungan selama performance dari penjualan furnitur dalam negeri terus mempunyai angka yang bagus.

Pameran IFEX akan digelar di Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper