Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Marga Mandala Bangun Tol Layang di Ruas Jakarta-Merak Rp400 Miliar

PT. Marga Mandala Sakti selaku badan usaha jalan tol (BUJT) mengungkapkan rencana pembangunan konstruksi melayang di ruas tol Jakarta-Merak sepanjang 2 KM dari KM 57 hingga KM 59 akan dimulai pada 2014 mendatang dengan investasi sebesar Rp400 miliar.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, TANGERANG - PT. Marga Mandala Sakti selaku badan usaha jalan tol (BUJT) mengungkapkan rencana pembangunan konstruksi melayang di ruas tol Jakarta-Merak sepanjang 2 KM dari KM 57 hingga KM 59 akan dimulai pada 2014 mendatang dengan investasi sebesar Rp400 miliar.

Presiden Direktur Marga Mandala Sakti Wiwik D. Santoso mengatakan proyek pembangunan konstruksi melayang pada ruas tol tersebut merupakan solusi mengatasi banjir yang kerap terjadi akibat dari meluapnya sungai Ciujung, ini karena wilayahnya yang berbentuk cekungan.

“Banjir yang sering terjadi karena daerahnya yang berbentuk cekungan, dan untuk dananya diperoleh dari kas internal sebesar 30% serta melalui pinjaman bank maksimal sebesar 70%,” ujar Wiwik, usai acara media gathering di Tangerang, Selasa (17/12/2013).

Wiwik mengatakan rencana pembangunan konstruksi layang ini masih di konsultan perencana untuk mengerjakan Detail Engineering Design (DED). Kemudian, setelah dari konsultan perencana baru akan diajukan ke Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) sebagai badan pengelola.

“Jadi jika BPJT oke, setuju, baru kita bangun. Konsultan sendiri harusnya akhir tahun ini selesai dan kami harapkan BPJT juga bisa cepat menyetujui, sehingga tahun depan sudah bisa kita bangun,” ujar Wiwik.

Wiwik menambahkan pembangunan ini nantinya tidak mengubah jalan yang sudah ada sebelumnya. Pembangunan kontruksi layang akan berfokus di samping jalan yang telah ada sekarang ini. Pembangunan jalan layang ini hanya sepanjang 2 Km dan akan memakan waktu sekitar 1 tahun, sehingga di 2015 nanti jalan layang ini sudah bisa digunakan.

“Konstruksinya seperti di Tol Sedyatmo, jadi kita hanya menambah lajur disisi jalan lama, sehingga jika nanti jalan existing tidak bisa digunakan dikarenakan banjir, maka jalan layang nanti bisa digunakan. Dan kita hanya memaksimalkan lahan yang sudah ada,” kata Wiwik,

Selain itu, Marga Mandala juga tengah melakukan upaya pelebaran lajur dari dua lajur menjadi tiga, baik dari arah Merak maupun dari arah Jakarta, yang dimulai dari gerbang tol Cikupa pada KM 31+500 sampai Balaraja Barat di KM 38+750.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Andika Prawira
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper