Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo IV Realisasikan Dermaga Petikemas Pelabuhan Makassar

PT Pelabuhan Indonesia IV merealisasikan pengerjaan dermaga petikemas Pelabuhan Makassar dengan nilai investasi Rp126,71 miliar.

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia IV merealisasikan pengerjaan dermaga petikemas Pelabuhan Makassar dengan nilai investasi Rp126,71 miliar.

Kepala Humas Pelindo IV Sahat Siboru mengatakan pengerjaan fisik pengembangan dermaga tersebut telah dimulai dengan pemasangan tiang pancang oleh PT Pembangunan Perumahan (PP) sebagai pemenang tender proyek tersebut.

"Sejauh ini, kita [Pelindo IV] telah mengalokasikan Rp43,2 miliar untuk pengembangan dermaga tersebut. Pendanaannya memang tidak langsung dibayarkan secara penuh, namun disesuaikan dengan penngerjaan fisik dari proyek ini," ucapnya kepada Bisnis, Selasa (3/12/2013).

Menurutnya, pendanaan proyek pengembangan dermaga peti kemas tersebut seluruhnya bersumber dari kas internal perseroan yang dianggarkan pada tahun ini dan direncanakan bakal berlanjut pada 2014.

Selain itu, pihanya juga telah menyelesaikan pembangunan car terminal di areal Pelabuhan Soekarno-Hatta dengan investasi Rp22 miliar dan dikerjakan perusahaan rekanan PT Bumi Saran Beton.

Kedua proyek pengembangan tersebut merupakan pengembangan kapasitas pelabuhan yang saat ini menjadi pusat distribusi barang untuk wilayah Indonesia Timur.

Sementara itu untuk pembangunan Makassar New Port (MNP), Pelindo IV menunggu persetujuan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub untuk memulai pengerjaan proyek yang diestimasi menelan investasi Rp7 triliun.

"Seluruh kelengkapan administrasi, studi kelayakan, amdal, telah kami rampungkan. Sisa menunggu keputusan dari Kementerian Perhubungan," tutur Sahat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper