Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7,13 Juta Wisatawan Mancanegara Kunjungi Indonesia

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia sepanjang Januari hingga Oktober telah mencapai 7,13 juta

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia sepanjang Januari hingga Oktober telah mencapai 7,13 juta. Angka tersebut meningkat 8,36% dibandingkan dengan kunjungan wisman pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Kepala Badan Pusat Statistik Suryamin mengatakan kenaikan jumlah kunjungan wisman terjadi pada sebagian besar pintu masuk utama.

Adapun presentase kenaikan tertinggi terjadi pada pintu masuk Bandar Internasional Lombok (BIL) Nusa Tenggara Barat sebesar 114,04%; diikuti oleh Bandara Adi Sucipto, DI Yogyakarta dengan peningkatan 44,71%; serta Bandara Minangkabau, Sumatera Barat yang meningkat hingga 32,91%.

Sumber:Indoanalisis

Jika dilihat berdasarkan total kunjungan wisman, pintu masuk melalui Bandara Ngurah Rai, Bali tercatat masih mendominasi yakni mencapai 2,65 juta wisman atau berkontribusi sekitar 37% dari total kunjungan wisman ke Indonesia sepanjang 10 bulan pertama ini.

Disusul oleh turis yang masuk melalui Bandara Soekarno Hatta sebanyak 1,85 juta, dan wisman yang berkunjung melalui Batam 1,05 juta.

Sementara itu, jumlah kunjungan wisman pada Oktober ini mencapai 719.900 atau naik 4,59% dibandingkan dengan kunjungan wisman pada Oktober 2012 sebanyak 688.300 kunjungan.

Dari total wisman yang datang ke Indonesia pada Oktober, sebagian besar merupakan wisman asal Singapura 14,73%; Malaysia 13,7%; Australia sebanyak 11,28%; China sebanyak 9,41%; dan Jepang dengan kunjungan sebanyak 5,19%.

 

BACA JUGA:

- LIBURAN: Wisatawan Singapura Paling Banyak Kunjungi Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper