Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenkop Ajak NCBA Pasarkan Rempah Indonesia

Kementerian Koperasi dan UKM bersinergi dengan National Cooperative Business Association untuk memasarkan berbagai komoditas rempah-rempah memasuki pasar ekspor secara khusus.

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Koperasi dan UKM bersinergi dengan National Cooperative Business Association untuk memasarkan berbagai komoditas rempah-rempah memasuki pasar ekspor secara khusus.

Braman Setyo, Deputi Bidang Produksi Kementerian Koperasi dan UKM, menjelaskan National Cooperative Business Association (NCBA) adalah lembaga koperasi seperti Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) yang mewadahi koperasi nasional.
 
”Jadi, tujuan utama pendirian NCBA oleh pemerintah Amerika Serikat memang untuk membangun jaringan usaha koperasi yang bergerak di sektor komoditas rempah-rempah dan sebagainya,” katanya kepada Bisnis, Minggu (24/11/2013).
 
NCBA menjalankan operasionalnya di Indonesia melalui PT Cooperative Business International (CBI) Indonesia. Perusahaan itu lah yang melakukan kerja sama dengan koperasi-koperasi di beberapa provinsi.
 
Dikemukakan, sinergitas ini sangat bagus karena kalau usaha koperasi maupun pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (KUMKM) ingin besar, kuat serta maju, harus melakukan sinergitas. Dengan demikian jaringan koperasi bisa semakin kuat.
 
Bisnis atau sinergitas usaha yang sudah berjalan masing-masing di Klaten, Jawa Tengah. Komoditas yang dieksploitasi menuju pasar ekspor adalah vanili. Koperasi di daerah itu mendapatkan vanili dari Timor Leste dan Papua Nugini.
 
Komoditas lainnya yang masuk dalam jaringan usaha itu adalah kayu manis dari Sumatera Barat dan Jambi. Sedikitnya terdapat 12 koperasi unit desa (KUD) di kedua provinsi itu bersinergi dengan NCBA melalui CBI.
 
Perusahaan yang menampung seluruh hasil rempah-rempah Indonesia yang dihasilkan pelaku koperasi adalah McCormick yang merupakan salah satu perusahaan bergerak di sektor industri bumbu masak internasional.
 
“Tiga provinsi lain yang sudah bersinergi melalui unit-unit koperasinya adalah Lampung, Sumatera Selatan, dan Nanggroe Aceh Darussalam (Aceh). Komoditasnya adalah lada hitam dan kopi arabica yang juga memasuk pasar ekspor.”
 
Yang membuat pemerintah, dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM berinisiatif memfasilitasi kerja sama, karena NCBA memberi kesempatan kepada semua unit koperasi menjadi pendamping. “Khususnya untuk melakukan ekspor langsung,” tutur Braman Setyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper