Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kemenkop Ajak NCBA Pasarkan Rempah Indonesia

Kementerian Koperasi dan UKM bersinergi dengan National Cooperative Business Association untuk memasarkan berbagai komoditas rempah-rempah memasuki pasar ekspor secara khusus.
Mulia Ginting Munthe
Mulia Ginting Munthe - Bisnis.com 24 November 2013  |  21:25 WIB
Kemenkop Ajak NCBA Pasarkan Rempah Indonesia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Koperasi dan UKM bersinergi dengan National Cooperative Business Association untuk memasarkan berbagai komoditas rempah-rempah memasuki pasar ekspor secara khusus.

Braman Setyo, Deputi Bidang Produksi Kementerian Koperasi dan UKM, menjelaskan National Cooperative Business Association (NCBA) adalah lembaga koperasi seperti Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) yang mewadahi koperasi nasional.
 
”Jadi, tujuan utama pendirian NCBA oleh pemerintah Amerika Serikat memang untuk membangun jaringan usaha koperasi yang bergerak di sektor komoditas rempah-rempah dan sebagainya,” katanya kepada Bisnis, Minggu (24/11/2013).
 
NCBA menjalankan operasionalnya di Indonesia melalui PT Cooperative Business International (CBI) Indonesia. Perusahaan itu lah yang melakukan kerja sama dengan koperasi-koperasi di beberapa provinsi.
 
Dikemukakan, sinergitas ini sangat bagus karena kalau usaha koperasi maupun pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (KUMKM) ingin besar, kuat serta maju, harus melakukan sinergitas. Dengan demikian jaringan koperasi bisa semakin kuat.
 
Bisnis atau sinergitas usaha yang sudah berjalan masing-masing di Klaten, Jawa Tengah. Komoditas yang dieksploitasi menuju pasar ekspor adalah vanili. Koperasi di daerah itu mendapatkan vanili dari Timor Leste dan Papua Nugini.
 
Komoditas lainnya yang masuk dalam jaringan usaha itu adalah kayu manis dari Sumatera Barat dan Jambi. Sedikitnya terdapat 12 koperasi unit desa (KUD) di kedua provinsi itu bersinergi dengan NCBA melalui CBI.
 
Perusahaan yang menampung seluruh hasil rempah-rempah Indonesia yang dihasilkan pelaku koperasi adalah McCormick yang merupakan salah satu perusahaan bergerak di sektor industri bumbu masak internasional.
 
“Tiga provinsi lain yang sudah bersinergi melalui unit-unit koperasinya adalah Lampung, Sumatera Selatan, dan Nanggroe Aceh Darussalam (Aceh). Komoditasnya adalah lada hitam dan kopi arabica yang juga memasuk pasar ekspor.”
 
Yang membuat pemerintah, dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM berinisiatif memfasilitasi kerja sama, karena NCBA memberi kesempatan kepada semua unit koperasi menjadi pendamping. “Khususnya untuk melakukan ekspor langsung,” tutur Braman Setyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkop rempah
Editor : Martin Sihombing
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top