Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonom Prediksi Inflasi 2013 Cuma 8%-8,5%

Ekonom memprediksikan laju inflasi hingga akhir 2013 akan berada pada kisaran 8%-8,5%. Perkiraan tersebut lebih rendah dari prediksi Bank Indonesia yang mempredisikan inflasi berada pada kisaran 9%.

Bisnis.com,JAKARTA - Ekonom memprediksikan laju inflasi hingga akhir 2013 akan berada pada kisaran 8%-8,5%. Perkiraan tersebut lebih rendah dari prediksi Bank Indonesia yang mempredisikan inflasi berada pada kisaran 9%.

Ekonom PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) Juniman memperkirakan laju inflasi sampai akhir 2013 akan lebih rendah dari prediksi Bank Indonesia, yakni 8%-8,5%.

Dia mengatakan laju inflasi tak akan melonjak, karena harga pangan sudah diperkirakan tidak akan volatile.

“Kami perkirakan inflasi pada November 2013 hanya berkisar 0,1%-0,2%, karena  akan ada kenaikan tarif dasar listrik (TDL), sedangkan harga sandang pangan masih relatif stabil. Prediksi inflasi Desember 2013 akan naik menjadi 0,6%-0,7%,” ucapnya, Jumat (1/11/2013).

Terkait membaiknya inflasi Oktober 2013, Juniman menjelaskan hal itu disebabkan adanya deflasi pada bahan makanan seperti turunnya harga komoditas seperti bawang merah, daging ayam dan sayur-sayuran.

Kemudian kecilnya inflasi didukung oleh turunnya harga emas dan perhiasan yang mengalami deflasi pada komponen sandang. “Komponen sandang dan bahan makan yang menyebabkan kecilnya laju inflasi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper