Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Tingkat Hunian Hotel di Sulawesi Tengah Tertinggi Pada September

Tingkat hunian kamar hotel berbintang di 23 provinsi di Indonesia pada September tahun ini mencapai rata-rata 54,11% meningkat 3,58% bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya 50,53%.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 01 November 2013  |  14:39 WIB
Tingkat Hunian Hotel di Sulawesi Tengah Tertinggi Pada September
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tingkat hunian kamar hotel berbintang di 23 provinsi di Indonesia pada September tahun ini mencapai rata-rata 54,11% meningkat 3,58% bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya 50,53%.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik, pada 1 November 2013, tingkat hunian tertinggi terjadi pada Provinsi Sulawesi Tengah 73,12% disusul Bali dengan keterisian kamar hotel berbintang 63,76%, serta Nusa Tenggara Barat dengan rata-rata tingkat hunian kamar 63,07%.

Sementara itu, TPK terendah terjadi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebesar 43,49%.

Sementara itu, bila dilihat berdasarkan klasifikasi bintang, tingkat keterisian tertinggi terjadi pada hotel bintang 5 yakni mencapai 60,68%, sedangkan terendah terjadi pada hotel bintang 1 hanya sebesar 43,69%.

Memang, kecenderungan hunian kamar bintang 5 di Indonesia sejak September tahun lalu tercatat paling tinggi, dan semakin kecil bintangnya akan semakin sedikit pula tingkat keterisiannya.

Kepala BPS Suryamin mengatakan kondisi ini seiring pula dengan bertumbuhnya wisman dan jumlah masyarakat kelas menengah di Indonesia yang lebih sehingga mereka lebih memilih untuk menginap pada hotel berbintang.

Adapun, rata-rata lama menginap tamu asing di Indonesia pada September ini lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata lama menginap wisatawan nusantara yaitu masing-masing 2,65 hari dan 1,71 hari.

Para turis baik dalam maupun luar negeri tercatat paling lama menginap di Provinsi Bali yaitu selama 3,2 hari diikuti Nusa Tenggara Barat selama 2,55 hari, serta Kalimantan Timur 2,38 hari. Sedangkan rata-rata lama menginap tamu yang terendah terjadi di Sumatera Barat 1,53 hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PARIWISATA HOTEL
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top