Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produksi Gabah Kering Giling Sumsel Meningkat 6%

Produksi padi Sumatra Selatan telah mencapai 3,41 juta ton gabah kering giling pada angka ramalan I/2013 atau meningkat sekitar 6% dibanding realisasi produksi tahun lalu.

Bisnis.com, PALEMBANG - Produksi padi Sumatra Selatan telah mencapai 3,41 juta ton gabah kering giling pada angka ramalan I/2013 atau meningkat sekitar 6% dibanding realisasi produksi tahun lalu.

Kepala Bidang Produksi Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan, Ilfantria, mengatakan, peningkatan produksi ini tidak terlepas dari beberapa upaya yang dilakukan pemerintah, termasuk pencetakan sawah baru yang dilakukan tahun sebelumnya.

“Kami sudah mencetak sawah baru seluas 7.148 hektare sepanjang 2011 -2012 dan hasil pencetakan ini terasa pada tahun ini dengan adanya peningkatan produksi,” katanya Rabu (23/10).

Program pencetakan sawah baru ini akan dilanjutkan  pada tahun anggaran 2013 dimana ditargetkan terjadi penambahan areal sawah seluas 3.450 hektare. Adapun biaya pencetakan sawah sekitar Rp10.000 per hektare. Penambahan sawah baru ini tersebar di beberapa kabupaten/kota seperti Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu dan Musi Rawas.

Dia mengemukakan upaya peningkatan intensitas pertanaman dan penanggulangan hama tikus cukup efektif dalam meningkatkan produksi di Sumsel.

Berdasarkan data dinas tersebut, saat ini sudah ada 137.271 hektare lahan sawah yang bisa tanam 2 kali dalam setahun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper