Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sertifikasi Beras Organik Rp30 Juta, Petani Keberatan

Bisnis.com, JAKARTA – Sertifikasi beras organik yang mencapai Rp25 juta hingga Rp30 juta dinilai sebagian pihak memberatkan petani.
Laila Rochmatin
Laila Rochmatin - Bisnis.com 06 Oktober 2013  |  00:36 WIB
Sertifikasi Beras Organik Rp30 Juta, Petani Keberatan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sertifikasi beras organik yang mencapai Rp25 juta hingga Rp30 juta dinilai sebagian pihak memberatkan petani.

Pernyataan ini disampaikan oleh Bening Sekretaris Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jawa Tengah dalam acara Managing Our Nation Strategi dan Rencana Aksi untuk Kemandirian Pangan Indonesia di PPM Manajemen Jakarta, Sabtu (5/10/2013).

“Sertifikasi beras organik adalah penjajahan model baru. Kami dari HKTI menolak menggunakan label organik karena tidak menguntungkan petani sama sekali,” ujar Bening.

Dia mengungkapkan kelompok taninya menggunakan label ‘beras sehat’ sebagai pengganti label beras organik.

“ Saya menjamin beras dari kelompok tani saya yaitu produk beras sultan dan melati tidak mengandung bahan kimia sama sekali karena dikembangkan melalui pemupukan bakteri bukannya penguraian bakteri seperti pada umumnya,” terang Bening.

Menurut Bening, lembaga pemberi sertifikat memang telah banyak misalnya IPB. Tetapi tetap saja, biaya yang dibutuhkan untuk pemberian sertifikasi bahkan bisa menembus angka Rp. 80 juta.

Setelah mendaftarkan sertifikasi beras organik, lembaga pemberi sertifikasi akan mengunjungi lokasi pertanian atau audit dengan melihat sumber daya airnya, budidaya, dan lain sebagainya. Jika lingkup area makin luas, maka harga yang dibayarkan akan semakin membengkak.

“ Setelah mendapat sertifikasi, harga padi juga tidak mengalami peningkatan yang berarti. Selain itu, sampai sekarang Indonesia belum memiliki lembaga sertifikasi beras organik sehingga tidak ada penalti yang pasti jika terbukti memalsukan data sertifikasi,” tambahnya. 

 

  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Harga Beras petani beras organik
Editor : Sutarno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top