Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenparekraf Sertifikasi 42.700 SDM Pariwisata Tahun Ini

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan mampu menyertifikasi 50.000 sumber daya manusia (SDM) bidang pariwisata sampai tahun depan. "Tahun ini kami sudah menyertifikasi 42.700 SDM dari target 50.000 SDM sampai tahun

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan mampu menyertifikasi 50.000 sumber daya manusia (SDM) bidang pariwisata sampai tahun depan.

"Tahun ini kami sudah menyertifikasi 42.700 SDM dari target 50.000 SDM sampai tahun depan," ujar Kepala Badan Pengembangan Sumberdaya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif I Gde Pitana, Kamis (19/9).

Dia mengatakan bahwa jumlah itu hanya jumlah sertifikasi yang dilakukan oleh pemerintah.

Menurutnya, masih banyak sertifikasi SDM yang dilakukan oleh lembaga swadaya termasuk sekolah-sekolah pariwisata yang memiliki izin sertifikasi untuk lulusannya.

"Lembaga swadaya seperti itu ribuan jumlahnya termasuk sekolah-sekolah tinggi pariwisata seperti STP Bandung, STP Bali, Akpar Medan, dan Akpar Makassar yang setiap menamatkan lulusannya sudah tersertifikasi," katanya.

Pihaknya mencatat, setiap tahun lulusan SDM pariwisata Indonesia mencapai 5.000 per-angkatan.

Sampai saat ini jumlah tenaga kerja yang bergerak di sektor pariwisata diperkirakan mencapai 9 juta orang.

"Dari jumlah itu hanya dua persen yang tersertifikasi," katanya.

Pitana berpendapat lambatnya sertifikasi itu karena kesadaran masyarakat di Tanah Air terkait sertifikasi yang masih sangat rendah.

"Pihak-pihak industri pariwisata juga menganggap hal itu belum penting. Apalagi saat ini belum ada sistem penggajian yang membedakan antara SDM yang sudah tersertifikasi dan yang belum," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak lebih banyak lembaga secara swadaya melakukan sertifikasi tersebut menjelang diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean 2015. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper