Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pewaralaba Asing Masuk Indonesia, Inilah 4 Keuntungan

Bisnis.com, JAKARTA – Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia menyambut positif hadirnya sejumlah pewaralaba asing yang ingin menjejakan bisnisnya di Indonesia.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 26 Agustus 2013  |  19:20 WIB
Pewaralaba Asing Masuk Indonesia, Inilah 4 Keuntungan

Bisnis.com, JAKARTA – Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia menyambut positif hadirnya sejumlah pewaralaba asing yang ingin menjejakan bisnisnya di Indonesia.

Amir Karamoy, Ketua Komite Tetap Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) Kadin menyebutkan setidaknya ada empat keuntungan yang bisa diperoleh dari masuknya merek waralaba asing ke tanah air.

Pertama, masuknya investasi baru berarti menambah jumlah lapangan kerja di Indonesia sehingga membuat semakin berkunganya jumlah pengangguran yang pada akhirnya berdampak pada perekonomian Indonesia.

Kedua, bertumbuhnya para pengusaha lokal. Sebab, pewaralaba asing yang ingin membuka bisnis di Indonesia tentu harus mencari pengusaha lokal yang akan dijadikan sebagai pengelola bisnisnya di Indonesia.

Apalagi dengan adanya dua aturan yakni Permendag No 68/2012 tentang Waralaba untuk Jenis Usaha Toko Modern dan Permendag No 7/2013 tentang  Pengembangan dan Kemitraan Waralaba untuk Jenis Usaha Jasa Makanan dan Minuman.

Di dalam aturan itu, pemilik gerai harus mewaralabakan atau menggandeng mitra dengan pola penyertaan modal sekitar 30% hingga 40%. Dengan demikian, akan ada pengusaha lokal yang ikut serta dalam penyelenggaraan bisnis waralaba yang dijalankan tersebut.

Ketiga, masuknya waralaba asing secara langsung akan berdampak pada perkembangan UKM yang ada di Indonesia sebab mereka akan mencari produk pengganti (subtitusi) dengan cara memberdayakan UKM lokal.

“Mau tidak mau, mereka akan berusaha untuk mencari produk lokal sebagai pengganti tidak mungkin tergantung terus pada produk impor. Dengan menggunakan konten lokal akan menekan beban mereka, dan ini secara langsung akan membantu para UKM lokal.”

Keempat, dengan digunakannya produk lokal, tentu saja pewaralaba tersebut harus memberikan berbagai pelatihan dan bimbingan kepada para UKM agar produk yang dihasilkan bisa sesuai dengan standar yang diterapkan. “Hal ini akan membuat kualitas dan daya saing UKM dalam negeri meningkat.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

permendag amir karamoy wali pewaralaba asing
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top