Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3.000 Perusahaan Korsel Siap Bantu UKM

Bisnis.com, JAKARTA--Sedikitnya 3.000 perusahaan asal Korea Selatan (Korsel) yang beroperasi di Indonesia menyatakan siap untuk membantu perkembangan UKM di Tanah Air, kata Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UKMK Kementerian Koperasi dan UKM I Wayan

Bisnis.com, JAKARTA--Sedikitnya 3.000 perusahaan asal Korea Selatan (Korsel) yang beroperasi di Indonesia menyatakan siap untuk membantu perkembangan UKM di Tanah Air, kata Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UKMK Kementerian Koperasi dan UKM I Wayan Dipta.

"Ada 3.000 perusahaan Korsel di Indonesia yang siap membantu pengembangan UKM kita," kata I Wayan Dipta di Jakarta, Senin (5/8/2013)

Ia menjelaskan  ribuan perusahaan itu akan menyalurkan perkuatan modal melalui mekanisme Corporate Social Responsibility (CSR) mereka.

Wayan menambahkan perusahaan-perusahaan itu sudah menyatakan komitmennya untuk membantu UKM terutama UKM yang bergerak dalam memproduksi barang dan jasa yang banyak dibutuhkan oleh pasar Korea.

"Ada perusahaan yang akan mendukung promosi termasuk pelatihan, pengemasan, sampai pemasaran untuk UKM yang bergerak di bidang produksi kopi. Itu salah satunya karena masyarakat Korea adalah peminum kopi," katanya.

Pihaknya sendiri menyatakan akan memfasilitasi perusahaan-perusahaan itu untuk mengidentifikasikan UKM-UKM yang potensial di Indonesia.

Kementeriannya membuka kesempatan kepada UKM-UKM di daerah untuk mengusulkan diri kepada dinas yang membidangi koperasi dan UKM di daerahnya untuk bisa mengakses bantuan dari perusahaan-perusahaan Korea itu.

Menurut Wayan, UKM Indonesia akan mendapatkan kesempatan untuk belajar dari Korea Selatan tentang cara sukses mereka mengembangkan usaha.

"Kita terutama bisa belajar dari mereka tentang pengembangan sistem klastering UKM yang sudah terbukti berhasil di Korea," katanya. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper