Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antre Hingga 15 Jam, Sopir Bus Mudik 'Ngamuk' di Pelabuhan Merak

Bisnis.com, MERAK--Ratusan sopir bus 'mengamuk' di Dermaga I Pelabuhan Merak, Banten, karena pengaturan lalu lintas memprioritaskan kendaraan pribadi lebih dulu naik ke kapal."Kami sangat terpukul dengan pengaturan lalu lintas seperti itu," kata Sop,

Bisnis.com, MERAK--Ratusan sopir bus 'mengamuk' di Dermaga I Pelabuhan Merak, Banten, karena pengaturan lalu lintas memprioritaskan kendaraan pribadi lebih dulu naik ke kapal.

"Kami sangat terpukul dengan pengaturan lalu lintas seperti itu," kata Sop, sopir bus jurusan Jambi, di Pelabuhan Merak, Minggu (4/8/2013).

Dia mengatakan para sopir sangat keberatan dengan sistem pengaturan lalu lintas yang memprioritaskan kendaraan pribadi. Menurut mereka, bus juga membawa pemudik yang ingin secepatnya diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Akibat pengaturan seperti itu, tentu sopir bus merasa diberlakukan tidak adil. "Kami menuntut keadilan agar pengaturan lalu lintas disamaratakan dengan kendaraan pribadi," katanya.

Dia mengaku tiba di Pelabuhan Merak sejak pukul 07.00 WIB, tetapi sampai pukul 21.00 WIB belum juga diseberangkan.
Oleh karena itu, pihaknya meminta pengelola Pelabuhan Merak berbuat lebih adil terhadap sopir bus dan penumpangnya.

Bahkan, dirinya sudah sekitar 13 jam masih bertahan di Pelabuhan Merak. "Kami yakin jika pengaturan lalu lintas itu dilakukan dengan adil, tidak ada bus yang bertahan berjam-jam," katanya.

Hal senada diungkapkan Supriyadi, sopir bus ekonomi jurusan Lampung. Dia menyatakan kecewa terhadap pengaturan lalu lintas yang mendahulukan kendaraan pribadi. Padahal, kata dia, bus juga membawa penumpang, termasuk anak-anak kecil, dan mereka kelelahan.

Menurut dia, di antara penumpang bahkan ada yang pingsan karena mereka berada di dalam bus selama berjam-jam. "Kami datang ke sini pukul 06.00 WIB, sampai malam pukul 21.00 WIB atau sekitar 15 jam belum diseberangkan ke Bakauheni," katanya.

Koordinator Bus Sumatra di Pelabuhan Merak Syawal mengatakan setiap masa mudik Lebaran sopir bus selalu kecewa karena kendaraan pribadi didahulukan menyeberang. "Kami berharap pengelola Pelabuhan Merak juga memprioritaskan bus, sehingga pemudik merasa nyaman," katanya.

Manager Usaha Pelabuhan Merak Nana Sutisna yang mendatangi sopir bus mengatakan pihaknya meminta para sopir bersabar karena arus kendaraan sangat padat.

Seluruh bus bisa diseberangkan ke Sumatra karena jumlah kapal sangat memadai. "Kami minta sopir bersabar dan mengantre, kami juga akan berupaya agar bus bisa berangkat ke Bakauheni," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor :
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper